e

Kamis, 26 November 2009

BenQ Joybook Lite U101

 

BenQ Joybook Lite U101
"Review BenQ Joybook Lite U101"
Written on 20 May 2009 by Febryanto


Keyboard dan Touchpad

Pada bagian bawah U101, keyboard terlihat mendominasi 90 persen bagian bawah U101. Keyboard terlihat besar dan memiliki tombol dengan ukuran yang cukup luas antara tombol satu dengan tombol lainnya. Keyboard U101 lebih nyaman ketika digunakan dibandingkan dengan keyboard yang terdapat pada Dell Inspiron Mini 9 dan Acer Aspire one. Pada bagian kiri keyboard terdapat tombol Caps Lock dan Tab yang berukuran kecil. Harusnya, tombol Caps Lock dan Tab dibuat lebih besar karena keyboard U101 tergolong cukup luas. Keyboard memang cukup baik ketika digunakan untuk melakukan pengetikan, tetapi tetap terdapat beberapa masalah.



Tombol Shift pada sisi kanan terdapat pada bagian kanan tombol Panah Atas, ini berbeda dengan posisi tombol pada notebook mini lainnya. Kami lebih suka posisi tombol Shift seperti biasa yang terdapat pada Dell Inspiron Mini 9 dan ASUS Eee PC.

Ukuran touchpad tergolong cukup luas. Permukaan touchpad terasa kesat dan tidak licin saat melakukan navigasi untuk masuk ke setiap menu yang terdapat pada U10. Pada bagian bawah touchpad, terdapat satu tombol untuk dua fungsi kegunaan. Tombol berguna untuk menggantikan fungsi tombol mouse. Tombol tetap mudah digunakan walaupun hanya menggunakan satu tombol saja.
Layar

Joybook Lite dilengkapi dengan layar sebesar 10.1-inchi dengan aspek rasio 16:9 dengan resolusi maksimal sebesar 1024 x 576 pixel. U101 adalah notebook pertama yang menggunakan aspek rasio layar 16:9. Dengan aspek rasio 16:9, U101 sangat cocok untuk anda yang suka menonton DVD karena layar akan menampilkan film tanpa terdapat garis hitam yang biasa terdapat pada bagian atas dan bawah layar notebook lainnya yang tidak menggunakan aspek rasio layar 16:9.



Secara keseluruhan, tidak terdapat masalah yang berarti saat kami melihat layar pada sudut-sudut tertentu. Layar dapat menampilkan gambar dengan terang dan warna yang cukup tajam dengan dukungan lampu latar berteknologi LED.

Webcam dan Audio

Diatas layar terdapat kamera webcam beresolusi 1.3-megapixel yang dapat menampilkan gambar dengan bagus saat anda melakukan panggilan video via Skype. Saat kami mencoba menggerakan tangan dengan cepat, gambar terlihat sedikit blur. Tetapi lawan bicara kami tidak mendapatkan masalah yang berarti saat melakukan panggilan video dengan kami.

Joybook Lite U101 dilengkap dengan dua buah speaker yang terdapat pada bagian bawah notebook. Speaker dapat mengeluarkan suara yang cukup keras untuk ukuran notebook mini.
Performa

BenQ Joybook Lite U101 dilengkapi dengan prosesor 1.6-GHz Intel Atom dengan OS Windows XP Home. Prosesor yang terdapat pada U101 dapat membuka aplikasi dengan waktu yang cukup cepat dan dapat melakukan multitasking dengan baik saat kami membuka beberapa apliakasi seperti : mendengarkan musik secara streaming pada Pandora.com, browsing menggunakan Firefox 3, dan melakukan pengetikan menggunakan Microsoft Word 2003. Kami juga mengujicoba U101 untuk menonton serial Heroes menggunakan DVD eksternal dan membuka beberapa aplilasi lainnya, tetapi ini berjalan agak lambat saat kami melakukannya.

BenQ Joybook Lite U101 mendapatkan nilai 653 pada ujicoba 3DMark03 (kami melakukan ujicoba performa DirectX 9), yang mana ini 168 point dibawah nilai notebook lainnya. Anda mungkin tidak akan suka bermain game pada U101 karena grafik yang ditampilkan kurang bagus, tetapi anda dapat menggunakan U101 untuk menonton DVD dengan baik.

Selama pengujian berlangsung U101 mengeluarkan hawa yang cukup panas, yaitu 96 derajat Fahrenheit. Tidak hanya itu, kipas yang terdapat pada U101 juga mengeluarkan suara yang cukup keras saat kami membuka aplikasi berat.

Hardisk

Joybook Lite U101 dilengkapi dengan hardisk Toshiba MK1652GSX sebesar 160GB dengan kecepatan 5,400-rpm. Saat kami menghidupkan U101 yang menggunakan OS Windows XP, U101 membutuhkan waktu 45 detik. Pada ujicoba LAPTOP Transfer Test, yang mana kami mencoba memindahkan data sebesar 4.97GB, U101 dapat melakukannya dalam waktu 6 menit 42 detik. Kecepatan transfer data U101 adalah 12.7 MBps, yang mana kebih rendah 1 MBps dari notebook lainnya.
Pilihan Upgrade

Anda dapat dengan mudah mengganti hardisk 160GB yang terdapat pada U101 dengan cara mencabut battery kemudian mengganti hardisk dengan hardisk SATA 2.5-inchi atau hardisk SSD dengan mudah. Selain itu, anda juga dapat menambahkan RAM yang terdapat pada U101 dan memasangkan Kartu PCI-e SSD atau modem 3G (terdapat slot SIM card dibalik battery).


Daya Tahan Batery

U101 dilengkapi dengan battery tiga sel yang hanya dapat bertahan hingga 2 jam 37 menit. Pada ujicoba LAPTOP Battery Test, daya tahan battery notebook lainnya dapat bertahan hingga 3 jam 48 menit. Jika anda tidak ingin membawa charger battery saat bepergian untuk melakukan presentasi, kami menyarankan kepada anda untuk membeli battery enam sel yang dapat bertahan hingga 5 jam.
Performa Wi-Fi

U101 dilengkapi dengan Wi-Fi The 802.11b/g yang dapat bekerja dengan baik. Kecepatan transfer data mencapai 19.4 Mbps pada jarak 15 kaki dan 18.7 Mbps pada jarak 50 kaki saat kami ujicoba. Kecepatan transfer data pada U101 lebih tinggi dari kecepatan transfer data via Wi-Fi notebook lain sekelasnya. Sayangnya, U101 tidak dilengkapi dengan Wi-Fi tipe N seperti yang terdapat pada Samsung NC10.

Software dan Garansi

Joybook Lite U101 dilengkapi dengan OS Windows XP Home. Selain itu juga terdapat software Microsoft Office 2003, CyberLink PowerDVD, dan Eset NOD32 untuk anti-virus dan anti-spyware.
BenQ melengkapi U101 dengan garansi selama satu tahun.
Kata Penutup

BenQ memang jarang mengeluarkan notebook, tetapi setiap produk keluaran BenQ memiliki kualitas yang baik seperti pada U101. Joybook Lite U101 tampil dengan desain khas anak muda dengan performa yang dapat diandalkan. Pilihan warna yang cukup banyak pada U101 adalah keunggulan tersendiri.

ianx from karawang

1 komentar:
Write komentar