e

Sabtu, 21 November 2009

Lenovo IdeaPad Y450

 

Lenovo IdeaPad Y450
"Review Lenovo IdeaPad Y450"
Written on 4 Jun 2009 by Febryanto
Source: Laptopmag

Perkenalan
Sekarang ini notebook dengan harga dibawah $650 sedang diminati oleh masyarakat. Lenovo mengetahui adanya celah itu dan menghadirkan notebook dengan harga dibawah $650 ke Indonesia. Lenovo IdeaPad Y450 dapat menjadi pilihan anda jika anda sedang mencari notebook dengan harga dibawah $650 karena Lenovo IdeaPad Y450 dijual dengan harga $619 saja.
Desain

Desain IdeaPad Y450 terlihat hampir sama dengan saudaranya, yaitu Y550 dan Y650. Bahan bagian luar Lenovo IdeaPad Y450 terlihat stylis dan terasa halus saat kami menyentuhnya. Bagian luar Lenovo IdeaPad Y450 terbuat dari bahan plastik berwarna hitam dengan desain pola seperti pola segi enam 3D. Keyboard dan touchpad serta penahan pergelangan tangan dibalut dengan warna putih yang terlihat mengkilap jika terkena cahaya. Pada bagian atas keyboard terdapat lampu indikator berwarna putih serta tombol volume dan empat tombol kontrol multimedia serta sebuah speaker.

Berat Y450 hanya 4.6-pon dengan ketebalan 1.4-inchi yang mana ini jauh lebih tebal dan berat jika dibandingkan dengan MacBook Air.

Engsel Y450 hanya dapat dibuka dengan sudut kemiringan 90 derajat yang mana anda tidak dapat membuka layar Y450 secara leluasa.
Port

Y450 dilengkapi dengan tiga buah Port USB, jack audio, Port VGA, Port Ethernet, dan card reader 6-in-1. Y450 juga sudah dilengkapi dengan Port HDMI untuk menampilkan gambar ke TV layar lebar, port eSATA untuk konektivitas kecepatan tinggi, Port FireWire 400 untuk melihat video kamera, dan slot ExpressCard/34 untuk menggunakan modem mobile broadband.

Keyboard dan Touchpad

IdeaPad Y450 dilengkapi dengan keyboard yang terlihat menonjol keatas. Keyboard seperti ini lebih mudah digunakan bila dibandingkan dengan keyboard yang berbentuk datar. Saat kami menggunakan keyboard untuk melakukan pengetikan 10 jari keyboard dapat digunakan dengan mudah dan nyaman. Touchpad yang terdapat pada Y450 juga dapat digunakan dengan mudah sama seperti keyboard. Touchpad tetap dapat digunakan dengan mudah saat kami melakukan pengaturan pointer mouse dengan tingkat kecepatan maksimal.




Panas dan Gangguan Pada Lenovo Y450

Panas yang keluar dari bagian bawah Y450 cukup menggangu saat anda menggunakan Y450 diatas pangkuan paha anda. Saat kami melakukan ujicoba pada Y450, suhu yang dikeluarkan pada bagian bawah mencapai 87 derajat Fahrenheit, pada bagian pergelangan suhu mencapai 95 derajat, dan pada bagian sisi kiri panas mencapai 100 derajat.

Layar dan Audio

Y450 dilengkapi dengan layar sebesar 14-inch, layar Y450 terlihat mengkilap dan dapat menampilkan gambar dengan resolusi 1366 x 768 pixel. Layar dapat menampilkan gambar dengan kedalaman warna yang baik serta terang dan jernih saat kami melihatnya. Saat kami memutar video dengan resolusi HD 720p dari website Fox.com secara streaming, gambar pada layar terlihat jernih, sayangnya saat kami memutar DVD tampilannya tidak sebaik saat kami memutar video HD. Kami tidak mendapatkan masalah saat melihat layar pada sudut-sudut tertentu.
Speaker dapat bekerja dengan akurat saat kami melakukan mute pada lagu yang kami putar dari website Napster.com. Speaker Y450 menggunakan sistem tata suara Dolby Control Center Software yang memungkinkan anda untuk melakukan pengaturan volume suara seperti Bass.
Webcam dan Pengenal Muka

Pada bagian atas layar terdapat kamera webcam beresolusi 1.3-megapixel yang dapat menampilkan gambar dengan jernih serta warna yang cukup baik, bahkan saat kondisi minim cahaya sekalipun. Y450 dilengkapi dengan software pengenal muka VeriFace, yang mana dapat lebih mengamankan laptop anda dari pencurian data. Sistem ini bekerja dengan menggunakan Webcam anda dan bekerja dengan lama serta kurang akurat dalam mengenali wajah saat kami ujicoba.

Kami mencoba menggunakan sistem pengenal wajah dan merekam waja kami dengan menggunakan webcam. Sistem pengenal wajah gagal mengenali wajah kami sampai enam kali dan baru yang ketujuh kami wajah kami berhasil dikenali oleh sistem pengenal wajah. Software VeriFace hanya dapat mengenali orang dengan wajah, ruang, dan pakaian yang sama saat anda merekam wajah anda.

Performa

Y450 menggunakan OS Windows Vista Home Premium yang dapat diaktifkan dalam waktu 50 detik saja. Y450 dilengkap dengan hardisk sebesar 250GB dengan kecepatan 5,400 rpm. Saat kami ujicoba Y450 pada percobaan LAPTOP Transfer Test, yang mana kami memindahkan data sebesar 4.97GB dari berbagai folder, Y450 dapat melakukannya dalam waktu 3 menit 41 detik, yang mana kecepatan rata-ratanya sebesar 23.0 MBps. Ini jauh lebih cepat dari kecepatan pemindahan data notebook sekelasnya yang hanya mencapai 17.6 MBps.

Y450 berada pada jajaran IdeaPad yang mana menggunakan prosesor Intel Core 2 Duo CPU, Y450 yang kami ujicoba menggunakan prosesor 2.0-GHz Intel Pentium Dual Core dan kartu grafik yang sudah tertanam didalamnya.
Y450 hanya mendapatkan skor sebesar 2,729 poin pada percobaan PCMark Vantage, ini adalah ujicoba untuk notebook dengan OS Windows Vista. Skor yang didapatkan oleh Y450 dibawah rata-rata hasil yang didapatkan notebook lain sekelasnya.

Pada ujicoba 3DMark06, yang mana adalah ujicoba pada performa grafik, Y450 mendapatkan skor sebesar 774 poin. Saat kami melakukan browsing, menggunakan Microsoft Office, dan menonton video, performa Y450 cukup baik. Tetapi saat kami mencobanya untuk menjalankan game, performa Y450 terlihat kurang baik. Layar Y450 hanya dapat menampilkan gerakan sebanyak 5 fps saat kami memainkan game Far Cry 2.
Daya Tahan Battery Life dan Wi-Fi

Pada ujicoba LAPTOP Battery Test, yang mana kami melakukan ujicoba battery dengan cara mengaktifkan Wi-Fi kemudian browsing menggunakan Wi-Fi, battery Y450 dapat bertahan hingga 3 jam 55 menit. Daya tahan battery Y450 dibawah performa notebook lain sekelasnya yang dapat bertahan hingga 4 jam 8 menit.
IdeaPad Y450 dilengkapi dengan Wi-Fi Link 5100 802.11n yang dapat melakukan pertukaran data sebesar 20.8 Mbps dari jarak 15 kaki dan 16.6 Mbps dari jarak 50 kaki, kecepatan Wi-Fi Y450 cukup baik saat melakukan pertukaran data.


Software

Y450 dilengkapi dengan software VeriFace, CyberLink Power2Go untuk menulis DVD dan Lenovo OneKey Recovery, yang berguna untuk mengamankan isi didalam hardisk anda. Tidah hanya itu, Lenovo juga melengkapi Y450 dengan ReadyComm untuk pengaturan koneksi Wi-Fi, Easy Capture untuk pengambilan foto via Webcam, dan Media Show untuk pengaturan video, foto dan musik.
Pilihan Prosesor

Lenovo menyediakan enam pilihan prosesor yang sesuai dengan kebutuhan anda. Y450 dijual dengan harga mulai dari $579 sampai dengan $899. Y450 yang paling rendah menggunakan prosesor 2-GHz Intel Core Duo T4200, kartu grafik onboard, RAM sebesar 2GB of RAM, dan hardisk sebesar 160GB. Untuk Y450 versi $899, dilengkapi dengan prosesor 2.13-GHz Intel Core 2 Duo P7450 CPU, kartu grafik Nvidia GeForce G 105M, RAM sebesar 4GB, hardisk sebesar 320GB, dan Bluetooth.
Garansi

Lenovo melengkapi Y450 dengan garansi selama satu tahun penuh untuk suku cadang Y450. Anda dapat menambahkan masa garansi serta perlindungan lainnya dengan menambahkan uang sebanyak $29.40 sampai dengan $239.
Kata Penutup

Lenovo Y450 ditawarkan dengan enam pilihan harga dan kelengkapan didalamnya. Dengan desain yang terlihat stylis, Lenovo Y450 ditujukan untuk pelajar, pekerja kantor, dan anak muda lainnya sedang mencari notebook berperforma baik. Ukuran yang tidak terlalu berat memudahkan anda untuk membawa Lenovo Y450 kemanapun anda bepergian. Lenovo Y450 tipe paling rendah sudah cukup baik jika anda hanya menggunakannya untuk menyelesaikan pekerjaan kantor anda. Dengan harga mulai dari $619, anda dapat mempertimbangkan Lenovo Y450 untuk menggantikan notebook lama anda.

4 komentar:
Write komentar
  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. saya mengalami masalah untuk mengaktifkan video camera lenovo y450 saya. apa harus download software khusus lenovo? mohon di-guide. thnx much
    -brian-

    BalasHapus
  3. y coba saja dulu kang untuk mencari drivernya...

    BalasHapus
  4. gan pnya saya kdang bsa dhdupkan wifi/bluetooth
    kdang tdk bsa. pa yg hrus sya lkukun

    BalasHapus