e

Sabtu, 21 November 2009

HP Mini 110

 

HP Mini 110
"Review HP Mini 110"
Written on 14 Jun 2009 by Febryanto
Source: Laptop Mag


Perkenalan
Sesuai dengan namanya, HP Mini 110 juga berukuran mini. HP Mini 110 sudah bisa anda dapatkan dengan harga mulai dari 329$. Harga yang ditawarkan oleh HP tergolong cukup murah dan terjangkau jika dibandingkan dengan netbook lain sekelasnya. Jika dibandingkan dengan produk sebelumnya, yaitu HP Mini 1000, anda dapat melihat perbedaan yang signifikan antara kedua produk netbook keluaran HP ini. Mulai dari Port VGA, Hardisk dengan ukuran besar dan lebih cepat, dan pilihan warna pada HP Mini 110 yang tidak terdapat pada HP Mini 1000. Sayangnya, dengan kemampuan yang lebih baik dari pendahulunya, ukuran HP Mini 110 menjadi lebih tebal dan berat dari pendahulunya.
Desain

Desain HP Mini 110 terlihat sama dengan desain HP Mini 1000, tetapi HP Mini 110 lebih berat 0.2 pon dari HP Mini 1000. HP Mini 110 memiliki berat 2.6 pon dan ketebalan 1.3 inchi yang mana 0.3 inchi lebih tebal dari HP Mini 1000. Pada kelas netbook mini dengan prosesor Intel Atom, HP Mini 110 akan menjadi saingan bagi ASUS Eee PC S101 dan Dell Inspiron Mini 10.

Jika anda melihat bagian belakang HP Mini 110, desain bagian belakangnya HP Mini 110 lebih tinggi dari bagian belakang pendahulunya. Ini ditujukan agar panas yang terdapat pada bagian belakang lebih mudah keluar.
Keyboard dan Touchpad

Saat kami membuka HP Mini 110, desain keyboard terlihat berbeda dengan desain keyboard pendahulunya. Keyboard HP Mini 110 dibuat menggunakan bahan plastik yang terkadang membuatnya terlihat murahan. Tombol Shift yang berada pada bagian kanan, kini dibuat dengan ukuran yang lebih besar dan terletak dibawah tombol Enter.



Dibawah keyboard terdapat touchpad dengan ukuran 2.4 x 1.1-inchi dan dilengkapi dengan dua buah tombol yang terletak dengan posisi vertikal. Walaupun demikian, kami tidak kesulitan saat menggunakannya. Anda perlu terbiasa untuk menggunakan touchpad dan tombol yang terdapat pada touchpad. Kami memerlukan waktu beberapa jam untuk mulai terbiasa menggunakan touchpad dan kedua tombolnya.
Port dan Webcam

HP Mini 110 dilengkapi dengan Port VGA pada bagian kanannya, biasanya netbook tidak dilengkapi dengan Port VGA. HP Mini 110 sekarang dilengkapi dengan tiga buah Port USB (dua pada bagian kanan, satu pada bagian kiri), pada bagian kanan juga terdapat card reader 5-in-1 dan Port Ethernet.



Diatas layar HP Mini 110 terdapat kamera webcam dengan resolusi 0.3-megapixel yang mana lawan bicara kami tidak memiliki masalah saat kami melakukan pangilan video via Skype. Saat kami melakukan panggilan video, lawan wajah lawan bicara kami juga dapat ditampilkan dengan jelas pada layar HP Mini 110. Pada sisi kiri HP Mini 110 terdapat mikrofone yang dapat mereduksi suara berisik disekeliling anda, sehingga suara kami tetap dapat terdengar baik oleh penerima pangilan.
Layar dan Audio

Layar HP Mini 110 dibingkai oleh frame berwarna hitam yang tidak terlihat spesial. Ini bertujuan agar HP Mini 110 bisa dijual dengan harga terjangkau. HP Mini 110 dilengkapi dengan layar berukuran 10.1-inchi beresolusi 1024 x 576 menggunakan LCD berteknologi “Antiglare Widescreen”. Gambar yang ditampilkan oleh layar terlihat cerah dengan tingkat kedalam warna yang sangat baik.

Dibawah layar terdapat lubang speaker. Saat kami mengatur suara pada tingkat maksimal, suara yang keluar dari speaker HP Mini 110 tetap terdengar kecil.

Performa

HP menanamkan prosesor Intel Atom 1.6-GHz dan RAM sebesar 1GB yang terletak dibawah keyboard Mini 110. Untuk kapasitas penyimpanan, HP melengkapi Mini 110 dengan hardisk sebesar 160GB dengan kecepatan 5,400 rpm.

Untuk mengaktifkan Mini 110 hanya membutuhkan waktu 45 detik. Pada ujicoba PCMark05, Mini 110 mendapatkan nilai sebesar 1,587 poin yang mana lebih baik dari pendahulunya yang hanya mendapatkan 1,370 poin. Pada ujicoba LAPTOP Transfer Test (memindahkan data sebesar 4.97GB dari berbagai folder), kecepatan rata-rata perpindahan data sebesar 14.6 MBps, yang mana kecepatannya diatas kecepatan performa netbook sekelasnya. Saat kami mencoba mengkonvert video dengan format MPG4 berdurasi 5 menit 5 detik ke format AVI menggunakan software Handbrake, Mini 110 membutuhkan waktu 28 menit 55 detik yang mana lebih lama 4 detik dari Acer Aspire One AOD250.
Hawa Panas

Jika pada HP Mini 1151NR hawa pada bagian bawah terasa sangat panas saat menjalankan program berat (lebih dari 110 derajat Fahrenheit), pada Mini 110 hawa panas yang keluar dari bagian bawah lebih dingin, yaitu 82 derajat Fahrenheit.

Software Terbaru Untuk Melakukan Sinkronasi

HP melengkapi Mini 110 dengan software Syncables, yang mana dirancang agar dapat secara otomatis melakukan sinkronasi untuk musik, foto, video, dan file lainnya antara Mini 110 dengan PC anda. Software ini juga mendukung sinkronasi menggunakan jaringan wireless lokal.


Daya Tahan Batery dan Wireless

Mini 110 dilengkapi dengan Wi-Fi dengan sinyal 802.11b/g yang dapat mengantarkan data dengan sangat cepat, yaitu 21.2 Mbps pada jarak 15 kaki dari router kami, yang mana 3 Mbps lebih cepat dari kecepatan rata-rata netbook sekelasnya. Pada jarak 50 kaki dari router, Mini 110 dapat mengantarkan data 14.4 Mbps, yang mana 1 Mbps lebih lambat dari kecepatan rata-rata netbook sekelasnya.

Mini 110 dilengkapi dengan battery 3 sel yang dapat bertahan hingga 2 jam 45 menit pada ujicoba LAPTOP Battery Test (Browsing via Wi-Fi).

UPDATE : HP sudah menjual battery 6 sel yang dapat bertahan hingga 5 jam 36 menit pada ujicoba LAPTOP Battery Test dengan harga $40.
Opsi Upgrade

Sama seperti netbook lainnya, Mini 110 dilengkapi dengan OS Windows XP Home Basic yang sudah terdapat didalamnya. Untuk pilihan upgrade, anda dapat menambahkan hardisk dengan tipe SSD sebesar 32GB dan mobile broadband seharga $125. HP juga menjual Mini 110 dengan bundling OS Ubuntu Linux, Mini 110 dengan versi OS Linux dijual mulai dari $279.

Software dan Garansi

Selain dilengkapi dengan software Syncables Mobile Desktop, Mini 110 juga dilengkapi dengan beberapa aplikasi seperti : Symantec Norton Internet Security 2009, Software Back On Track Recover, LifeLock Identity Protection, HP Games (Wild Tangent), Pandora, Snapfish, Skype, dan AOL Instant Messenger. Untuk garansi, HP melengkapi Mini 110 dengan garansi selama 1 tahun.
Kata Penutup

Untuk membeli Mini 110 dengan battery 6 sel, anda harus menebus Mini 110 dengan harga $369. Walaupun menggunakan batery 6 sel, harga Mini 110 tetap terjangkau. Tidak hanya battery, Mini 110 juga dilengkapi dengan Port VGA dan tiga buah Port USB yang tidak terdapat pada netbook lainnya.

6 komentar:
Write komentar
  1. saya punya laptop model ini. dan saya sangat menyukainya. tapi saya da trouble ma bluetoot, wireless ma internet-nya. gak tau knp. tapi memang sih saya pernah mengutak-atiknya. tapi setelah itu, saya lupa dmn letaknya ktk mau mengembalikan seperti semula. tolong dong, gmn caranya mengaktifkan lagi?? tombol yang disebelah kanan, berwarna orange. padahal biasanya warna biru. knp ya?? terimakasih

    BalasHapus
  2. coba saja anda lihat ke control panelnya....

    untuk hal itu karena tidak terdapatnya sinyal yang didapat pada tempat anda berada

    BalasHapus
  3. mohon bantuan.,.
    slot sim card yang ada di dalam slot baterai ( akan kelihatan jika baterai dilepas ) untuk apa kegunaan dan penggunaannya.,.?? terima kasih

    BalasHapus
  4. mau tanya kalau mau recovery windows xp nya gimana ya, soalnya windowsnya ada masalah jd mau di instal ulang. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau install ulang gak usah d recovery lg mas , langsung saja.
      untuk menyelamatkan datanya yg d C yg akan d install pakai live cd linux saja.

      Hapus
  5. punyaku sama....tapi camera tak bisa gara2 setelah di instal ulang program cameranya hilang. bagaimana cara mendapatkan dan menggunakan kembali mohon petunjuknya. soal bateray,,,,,hebat dech udah 5 th lebih masih normal. padahal terbanyak kugunakan untuk melakukakan kegiatan disain grafis pake corel dan edit vidio dan musik....contoh vidio bisa dilihat dihttp://www.youtube.com/user/jatimnet

    BalasHapus