Apple MacBook Air

Diposkan oleh ianx Jumat, 06 November 2009

Apple MacBook Air
"Review Apple MacBook Air"
Written on 24 Mar 2009 by Febryanto

Perkenalan

Apple baru saja mengeluarkan produk barunya yang terlihat fashionabel untuk melengkapi seri produk MacBook-nya dipasaran yaitu MacBook Air. MacBook air terlihat berdesain tipis dan ringan. Sebenarnya desain dari laptop dengan desain ringan dan tipis memang menjadi ciri khas dari Apple, tetapi MacBook Air terlihat sangat tipis lebih tipis dari yang anda bayangkan.

Setiap produk yang dikeluarkan oleh Apple selalu dilengkapi dengan fitur kelas atas dan tipis. Anda dapat melihat MacBook Pro yang tipis dan dilengkapi dengan fitur kelas atas, tetapi untuk MacBook air ini diposisikan satu tingkat dibawah MacBook air untuk segi harga. Harga dari MacBook Air tidak terlalu beda jauh dengan produk Apple lainnya yaitu Apple MacBook, hanya berbeda dari segi performa dan desain. Fakta-fakta tentang MacBook Air :


• Macbook Air terlihat tipis untuk mendukung mobilitas pemakainya.
• Performa yang dan daya tahan battery yang tinggi untuk mendukung pemakaian pengunanya.
• Desain yang bagus dan fitur yang lengkap.


Masing-masing seri laptop yang dikeluarkan oleh Apple pasti memiliki sentuhan dan perbedaan masing-masing pada setiap seri-nya.

Desain


Macbook Air adalah laptop dengan desain tertipis yang dikeluarkan oleh Apple, mungkin ini tertpis didunia. Beberapa notebook dengan ukuran ringan seperti Asus EEE PC dan OQO e2 memang berukuran ringan, tetapi ukuran keyboard dan layar juga dipangkas menjadi setengah ukuran dari ukuran normal. Macbook Air dengan berat yang sama memiliki ukuran keyboard dan layar dengan bentuk yang normal tidak seperti pesaingnya.

Adaoun laptop dengan ukuran keyboard normal seperti Macbook Air yaitu Lenovo ThinkPad X61 tetapi tidak terdapat trackpad. Selain itu Lenovo ThinkPad X61 juga lebih berat dan lebar sekitar 20% dari Macbook Air. Laptop lain memang meiliki ukuran tipis dan berat yang ringan, tetapi tidak sesempurna Macbook Air.

Macbook Air dilengkapi dengan keyboard dengan ukuran normal dan layar yang juga berkuran besar cocok untuk anda yang menyukai ukuran ringan layaknya notebook tetapi ingin fungsi penuh.



Secara fisik Macbook Air hanya dipangkas setengah ukuran dari ukuran normal, begitu pula dengan beratnya. Tetapi keyboard dan layar Macbook Air memiliki ukuran yang normal. Macbook Air memiliki performa yang tidak kalah baik dengan saudara-saudaranya seperti MacBook dan MacBook Pro, hanya saja Macbook Air lebih tipis.

In terms of mobility, Apple balanced a full sized keyboard and display and an exceptionally thin case to deliver the Air as a light, slim alternative to other MacBooks rather than simply a scaled down mini version. The Air isn't supposed to be a curiosity of miniaturization, but a full sized, practical laptop that is easier to carry around and sexier to show off.

Pendukung Mobilitas


MacBook terbaru memiliki berat sekitar 5 pon, MacBook Pro versi layar “15” inchi memiliki berat 5.4 pon. Macbook Air beratnya hanya 3 pon. Ini tidak hanya lebih ringan dari saudara-saudaranya, selain ringan Macbook Air juga memiliki performa yang tidak kalah baik, ini tidak hanya sekedar ringan saja. Desain Macbook Air terlihat mewah.

Dengan bahan aluminum, Macbook Air terlihat kokoh. Keyboard Macbook Air terlihat sederhana danmudah digunakan. Dengan bahan aluminum, ini dapat membuat ukuran Macbook Air sangat ringan. Bagian layar Macbook Air terlihat amatlah tipis, namun memiliki daya tahan yang baik.

Tidak terlihat port apapun pada Macbook Air. Semua port tersembunyi dengan rapi pada bagian bawah Macbook Air. Pada bagian bawah terdapat port USB, video, dan lubang jack headphone. Walaupun bentuknya sangat tipis, tetapi Macbook Air terlihat memiliki daya tahan yang baik.

Macbook Air dilengkapi dengan adapter MagSafe konektor seperti yang terdapat pada MacBook Pro.

Ukuran


Walaupun berukuran ringan, tetapi Macbook Air juga memiliki kekurangan. Sekilas desain dari Macbook Air memang terlihat sempurna dan ukurannya pun sangatlah kompak.

Macbook Air memiliki aplikasi yang terbatas. Semata-mata Apple ingin memasarkan Macbook Air untuk para penggemar laptop dengan ukuran ringan saja. Ukuran yang ringan harus dibayarkan dengan berkurangnya aplikasi pada Macbook Air. Macbook Air ditujukan untuk orang yang menyukai ukuran ringan layaknya notebook dengan peforma yang terbatas.

Ukuran Macbook Air banyak menuai kontoversi karena bentuknya yang sangatlah tipis dan terlalu ringan. Terkadang ukuran yang ringan dapat menjadi masalah, tetapi ukuran yang berat juga menjadi masalah. Ukuran Macbook Air yang ringan memang menjadi serba salah.



Performance CPU dan Grafik MacBook Air


Mari kita tinggalkan pembahasan mengenai ukuran dan mobilitas. Sekarang kami akan membahas tentang performa dari MacBook Air. Saat kami gunakan untuk bekerja, MacBook Air tidak mengeluarkan bunyi yang mengganggu, MacBook Air tetap “sunyi” saat kami menggunakannya untuk bekerja. Tetapi karena ukurannya yang ringan, pastinya komponen MacBook Airjuga kecil. Komponen yang kecil ini menyebabkan resiko-resiko kerusakan yang mungkin saja dapat terjadi untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama.

MacBook Air hadir dengan dua versi yang dilengkapi dengan prosesor 1.6 atau 1.8 GHz Core Duo CPU. Ini seperti yang digunakan oleh notebook berukuran kecil seperti EEE PC dan OQO yang tidak sekelas dengan MacBook Air. Dengan prosesor seperti ini, akan menyebabkan kinerja menjadi lambat dan terbatas pada tampilan grafik.

Prosesor MacBook Air memang yang terburuk dari semua seri laptop Apple. Kartu grafik pada MacBook Air menggunakan Intel X3100 seperti yang digunakan pada MacBook, dengan kartu grafik seperti demikian jelas MacBook Air bukan laptop untuk bermain game. Dengan kartu grafik seperti ini MacBook Air tetap dapat memainkan video berformat HD dengan resolusi 1920×1200, VGA output, dan S-Video output. Sebagai perbandingan, laptop dengan ukuran seperti MacBook Air hanya dilengkapi dengan VGA output saja.


Memory dan Hardisk


MacBook Air dilengkapi dengan RAM sebesar 2GB, yang mana ini seperti yang biasa digunakan oleh laptop dengan ukuran tipis. RAM pada MacBook Air tidak dapat ditambahkan seperti pada MacBook Pro. RAM sebesar 2GB kami rasa sangat terbatas fungsinya dan ini tidak dapat menampilkan performa maksimal. RAM sebesar 2GB hanya digunakan oleh notebook dengan ukuran ringan saja.

MacBook Air dilengkapi dengan hardisk sebesar 80GB. MacBook Air dapat ditambakan solite state drive Flash RAM sebesar 64GB. Apple menambahkan Flash RAM pada MacBook Air hanya karena ini mudah dibaca dan juga hemat energi. Tetapi sisi buruknya adalah harganya yang mahal, dan tentu saja ini akan berimbas pada harga jual MacBook Air.

SSD adalah teknologi yang mahal. Tetapi pilihan menambahkan Flash RAM pada MacBook Air adalah opsi pilihan anda. Dengan harga $1000 ini jelas tidak masuk akal. Harga ini cukup untuk membeli satu buah laptop. Biasanya laptop dilengkapi dengan hardisk standar sebesar “2.5”, MacBook Air dilengkapi dengan hardisk sebesar 1.8" yang sangat kecil untuk menyesuaikan dengan ukurangnya.

Hardisk pada PC, biasanya dapat bertahan hinggan 3 tahun pemakaian, kami tidak ingin memprediksi daya tahan hardisk pada MacBook Air. Mudah-mudahan saja ini dapat bertahan lama. Hardisk dengan ukuran “1.8” inchi harus memutar ribuan RPM dan ini dapat menyebabkan permukaan hardisk rusank. Penyimpanan pada hardisk memang berjalan dengan cepat, tetapi mesin yang mengerjakannya yang menanggung beban berat.

Resiko kerusakan Hardisk pada MacBook Air sangat besar, dan ini tidak mungkin diperbaiki lagi jika terjadi kerusakan, mungkun anda bisa saja melakukan penyelamatan data (hardik recovery), tetapi harga yang harus anda bayarkan amatlah mahal. Tekonologi SSD Flash RAM memang masih mahal, tetapi Apple ingin menambahkan teknologi ini pada setiap produknya. Mungkin karena teknologi ini masig tergolong baru jadi membuatnya mahal.

Performa Prosesor


MacBook Air dilengkapi dengan prosesor yang berkinerja lambat. RAM sebesar 2GB juga tidak mendukung kinerja prosesor MacBook Air. Jika saja RAM pada MacBook Air lebih tinggi, mungkin ini akan mendongrak kinerja prosesor.

Kami melakukan ujicoba Xbench untuk performa kartu grafik. Grafik MacBook Air sangat buruk saat kami coba pada mode OpenGL pada ujicoba Xbench 1.3 yang kami lakukan. Secara keseluruhan performa prosesor MacBook Air tidak lebih baik dari performa MacBook Pro keluaran 2006 pada dalam segi RAM.

Kami tidak mengharapkan kinerja yang lebih pada prosesor MacBook Air. Tetapi setidaknya MacBook Air masih dapat digunakan untuk membuka aplikasi seperti browser, dokumen office, dan aplikasi iLife. Sayangnya kartu grafik MacBook Air tidak mendukung untuk memainkan game dengan grafik bagus seperti Call of Duty 4.

Disamping performa prosesor, kami juga membandingkan MacBook Air dengan laptop lain sekelasnya seperti Sony dan Fujitsu, tetapi kami melihat ThinkPad X61 lebih cocok untuk jadi saingan untuk MacBook Air, semua laptop yang kami bandingkan memiliki prosesor dan kartu grafik yang sama. Hardisk sebesar “2.5” inchi pada ThinkPad, membawa keuntungan tersendiri, ini dapat menyimpan data lebih cepat dari hardisk sebesar “1.8 yang dimiliki oleh MacBook Air.

Walaupun tidak sebaik performa laptop sekelasnya, MacBook Air masih dapat anda pertimbangakan jika anda ingin menggunakannya untuk mengerjakan perkerjaan kantor saja.

Untuk performa SSD kami tidak dapat membandingkannya, Karena tidak ada laptop lain dengan SSD sekecil pada MacBook Air.


Daya Tahan Batery


Daya tahan battery MacBook Air tidaklah sebaik pada laptop sekelasnya. Mungkin karena ukurannya yang setengah dari ukuran laptop biasa, jadi daya tahan battery MacBook Air juga setengah dari daya tahan laptop biasa.

Apple mengklaim battery dapat bertahan hingga 5 jam jika WiFi diaktifkan. Dari beberapa narasumber yang kami dapatkan battery dapat bertahan kurang dari 4 jam.

Saat kami memainkan DVD layar telihat terang dan jernih. Memainkan DVD cukup membuat MacBook Air menjadi sedikit hangat jika tidak ingin disebut panas.

Daya tahan battery sebenarnya tergantung dari bagaimana cara anda menggunakan laptop. Jika anda menggunakannya layar dengan performa maksimal, Wi-Fi, dan menonton DVD, dapat dipastikan battery MacBook Air tidak akan dapat bertahan lama. Untuk informasi tambahan batery pada MacBook Air tidak dapat diganti.

Fitur yang Hilang


MacBook Air tidak dilengkapi dengan optik pembaca CD/DVD, dukungan WWAN untuk 3G, FireWire, dan Ethernet.

Optik Pembaca CD/DVD VS network Remote Disc atau optional SuperDrive

Karena MacBook Air tidak dilengkapi dengan optik pembaca CD/DVD Apple menyertakan penggantinya.

Kami lebih menyukai mendownload DVD melalui iTunes, MacBook Air didesain untuk dapat digunakan dengan SuperDrive, tetapi ini aksesoris tambahan. Anda dapat memainkan DVD dengan cara menginstalkan software Remote Disk DVD dan CD dan melakukan pertukaran file dengan server optikal (menggunakan dua computer, PC anda dan MacBook Air untuk melakukan ini).

Software ini mudah diinstal dan mudah digunakan, tetapi kami mendapatkan masalah saat menjalankannya. Tidak semua DVD yang kami coba dapat dijalankan, kami malah diperingatkan karena kami disangka membajak DVD. Terdapat tulisan peringatan FBI saat kami mencobanya pada beberapa DVD. Anda dapat menggunakan software seperti Handbreak untuk meng-copy DVD ke PC anda lalu anda pindahkan ke MacBook Air anda.


Untuk CD Audio tidak mendapatkan masalah saat kami mencoba memindahkan file audio. Kami dapat melakukan perpindahan file seperti yang biasa kami lakukan. Dengan cara mengcopy CD lalu memindahkannya ke MacBook Air kami.

Tetapi terkadangan terdapat peringatan seperti halnya saat kami mencoba mengcopy DVD. Terdapat perlindungan untuk mengcopy audio (copy protection).

Sebenarnya tidak sulit memindahkan file Audio dari CD dan DVD, tidak usah menggunakan software Remote disk segala seperti yang disarankan oleh Apple, yang perlu anda lakukan adalah mengcopy CD Audio atau DVD kedalam PC anda, lalu anda dapat memindahkan file tersebut menggunakan USB. Anda juga dapat mendownload file Audio dan DVD dari internet untuk lebih mudahnya. Jangan membuat ini terlalu sulit, karena ini dapat anda lakukan dengan banyak cara.



Pada akhirnya software remote disk tidak terallu berguna dan malah merepotkan kami saat mengunakannya, karena tidak dapat semua DVD dan CD dapat dicopy menggunakan software ini. Untuk kedepannya kami harap Apple menyertakan software yang lebih bermutu lagi.

Kami mencoba menggunakan SuperDrive untuk mengcopy Audio CD atau DVD. Ini seperti sejenis USB, lebih tepatnya pembaca CD atau DVD eksternal. Anda dapat menghubungkannya dengan port USB pada MacBook Mengunakan SuperDrive agak menyita energi battery MacBook Air.
Konektivitas


MacBook Air tidak dilengkapi dengan konektivtas seperti EVDO atau HSDPA, ini memerlukan kartu SIM untuk dapat menggunakannya. MacBook Air juga tidak dilengkapi dengan WWAN radio dan antena dan juga slot Express Card slot.

MacBook Air hanya dilengkapi dengan satu port USB. MacBook Air tidak dilengkapi dengan Bluetooth, untuk menggunakan ini anda harus mencolokan Bluetooth dongle. MacBook Air hanya dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi saja. Selain itu anda juga dapat menggunakan iPhone sebagai modem internet.

FireWire VS USB


Tidak terdapat port FireWire pada MacBook Air. Anda dapat menggunakan koneksi Wi-Fi pada MacBook Air untuk bertukar data.

Dengan tidak terdapatnya port FireWire, anda dapat menggunakan USB anda untuk bertukar data.

Sebenarnya USB dan FireWire adalah hal penting pada laptop. Tidak semua hal yang dapat dilakukan FireWire dapat digantikan oleh USB, tetapi setidaknya USB dapat mengantikannya. Dengan adanya FireWire bertukar data menjadi lebih mudah, ini digunakan untuk menghubungkan dua buah peralatan agar mudah untuk bertukar data.

Jika anda membutuhkan port FireWire, sebaiknya anda membeli laptop lain.

Jack Ethernet VS optional USB Ethernet Dongle


MacBook Air tidak dilengkapi dengan jack Ethernet. Tetapi Apple melengkapi MacBook Air dengan opsional Fast Ethernet dongle USB 10/100 untuk MacBook Air, tetapi Apple lebih merekomendasikan penggunaan Wi-Fi untuk bertukar data.

Dengan tidak adanya jack Ethernet dan FireWire MacBook Air memang terdapat kekurangan dalam hal konektivitas. Tetapi setidaknya terdapat Wi-Fi versi 802.11n.

Wireless dengan versi N tetap yang tercepat untuk melakukan pertukaran data. Wi-Fi yang digunakan pada MacBook Air sama baiknya dengan yang digunakan pada MacBook Pro. Selain cepat, Wi-Fi versi N juga dapat menerima sinyal dengan baik, ini juga didukung oleh antenna barteknologi MIMO pada MacBook Air yang membantu penerimaan sinyal.

Dengan adanya Wi-Fi versi N pada MacBook Air, anda dapat dengan mudah bertukar data dengan peralatan sejenis yang mengunakan Wi-Fi versi N juga. Saat kami coba memindahkan data, tidak terdapat masalah yang berarti kecuali jika anda memindahkan data dengan ukuran lebih dari 1GB.

Fitur Premium


Anda dapat menambahkan fitur yang terdapat pada MacBook Pro kedalam MacBook Air anda. Ini dikarenakan adanya kompetisi antar laptop sejenis.

Lampu Latar


Lampu latar MacBook Air dapat menerangi seluruh keyboard dengan baik. Selain itu anda juga dapat menggatur tingkat lampu latar yang mana fitur ini hanya terdapat pada MacBook Pro saja.

MacBook Air juga dilengkapi dengan sensor cahaya yang terletak disebelah kamera iSight. Dengan adanya sensor cahaya anda dapat mengehemat battery MacBook Air anda. Jika kondisi cukup cahaya sensor akan memerintahkan untuk menurunkan tingkat cahaya begitu pula sebaliknya.

Layar


MacBook Air dilengkapi dengan layar sebesar “13.3” yang berbentuk persegi panjang dengab lampu latar berteknologi LED dengan resolusi 1280x800 yang sama dengan layar pada MacBook. Tidak terdapat masalah seperti efek hitam saat kami melihat layar dari berbagai sudut.

Layar dapat menampilkan gambar dengan terang dan jernih seperti layar pada MacBook. Layar MacBook Air dikelilingi oleh bingkai yang terbuat dari bahan aluminum yang terlihat berdesain minimalis.


Webcam


MacBook Air dilengkapi dengan kamera beresolusi 1.3 megapixel yang dapat anda gunakan untuk panggilan video menggunakan iChat. Selain itu kammera juga dapat anda gunakan untuk mengambil foto dan merekam video seperti pada MacBook dan MacBook Pro.

Kamera MacBook Air tidakd dapat melakukan perekaman video dengan baik. Tetapi ini cukup baik untuk melakukan panggilan video menggunakan kamera iSight.

Touchpad Multi Sentuh


Jika MacBook dilengkapi dengan touchpad multi sentuh, MacBook Air juga dilengkapi dengan touchpad multi sentuh dengan beberapa fitur tambahan seperti rotasi, dan "klik 3 jari". MacBook Air dilengkapi dengan touchpad baru seperti yang dimiliki oleh iPhone.

Anda dapat memperbesar layar pada MacBook Air dengan cara menekan tombol kontrol dan menggunakan jari dengan gerakan scrolling pada touchpad-nya. Touchpad multi sentuh terdapat pada laptop model baru Apple. Untuk “klik 3 jari” hanya dapat anda gunakan pada saat melihat foto dan browser.

Anda dapat menggunakan touchpad multi sentuh dengan mudah. Anda akan terbiasa dalam beberapa menit saja.

Audio dan Video input dan output


MacBook Air dilengkapi dengan jack audio untuk headphone. Tetapi anda dapat menambahkan USB audio untuk kebutuhan anda.

Speaker MacBook Air dapat mengeluarkan suara yang keras, tetapi ini tidak pada saat kami menonton video. Untuk mendengarkan musik sebaiknya anda menggunakan headphone agar suara yang terdengar lebih baik.

MacBook Air dilengkapi dengan port mikro-DVI untuk VGA dan DVI output dan juga S-Video untuk TV. Konektor VGA dan DVI sudah tersedia dalam kotak penjualan MacBook Air.

Tidak terdapat video input, anda dapat menggunakan USB untuk melakukan video input.

Kata Pentutup


Beberapa merek laptop kelas atas terlihat mempersenjatai laptop mereka dengan fitur dan performa kelas atas. Tetapi untuk beberapa kasus, laptop dengan ukuran ringan dan kecil hanya dilengkapi dengan battery berdaya tahan rendah, prosesor single, keyboard berukuran kecil, kartu grafik yang terbatas dan kinerja lamban serta layar kecil. Walaupun demikian harganya dapat mencapai $2000 jika anda menambahkan RAM.

MacBook Air dibanderol seharga $1799 dan membutuhkan banyak upgrade pada beberapa komponennya. Apple melengakapi MacBook Air dengan sistem operasi Mac OS X Leopard.

Dengan keterbatasan konektivitas, daya tahan battery yang buruk, dan segala keterbatasan yang telah bahas, kami berharap agar anda mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum membeli MacBook Air. Kami tidak ingin anda kecewa dikemudian hari saat anda membeli MacBook Air. MacBook Air hanya bagus pada desain tetapi tidak pada performa. Ini hanya ditujukan untuk “Show Off saja kami pikir seperti layaknya handphone fashion.

Jika anda penggila game kami sarankan anda jangan membeli MacBook Air, tetapi jika anda memerlukannya hanya untuk mengerjakan pekerjaan kantoran dan anda yang memiliki mobilitas tinggi anda boleh membeli MacBook Air. Bagi anda yang suka akan fashion, juga tidak ada salahnya anda membeli MacBook Air.



Kelebihan :
• Desain yang tipis dan ringan.
• Desain yang terlihat “Sexy” menyita perhatian banyak mata.
• Hardware yang kokoh.
• Prosesor yang terbaik dikelasnya.
• Lampu latar iluminasi.
• Sensor cahaya.
• Touchpad multi sentuh.
• Fitur video output untuk laptop berukuran ringan.
• Wi-Fi WiFi 802.11n yang sangat baik dalam menerima sinyal.


Kekurangan :
• Tidak terdapat opsi WWAN.
• Tidak terdapat FireWire atau Jack Ethernet.
• Konektivitas yang terbatas dan port USB yang hanya satu buah.
• Daya tahan battery rendah.
• Software Remote Disc yang buruk.



0 Responses to Apple MacBook Air

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

AdsCamp Here

Member