e

Jumat, 06 November 2009

Acer Aspire Timeline 4810T - 14 inchi

 

Acer Aspire Timeline 4810T - 14 inchi
"Review Acer Aspire Timeline 4810T - 14 inchi"
Written on 14 Jun 2009 by Febryanto
Source: GSM Arena



Perkenalan
Acer baru saja mengeluarkan produk terbarunya yang berada pada jajaran Timeline. Semua produk Acer yang berada pada jajaran Timeline selalu hadir dengan desain yang tipis, ini ditujukan untuk menyaingi MacBook Air buatan Apple. Walaupun memiliki bentuk yang tipis, namun Acer 4810T dilengkapi dengan performa yang jauh lebih baik ketimbang MacBook Air yang juga berbentuk tipis.




Acer 4810T dijual dengan harga 749 Euro dan sudah dilengkapi dengan battery yang dapat bertahan hinggan 8 jam. Daya tahan battery Acer 4810T sungguh mengesankan kami bila kami bandingkan dengan notebook lain sekelasnya. Acer 4810T menggunakan prosesor yang sangat hemat dalam mengkonsumsi tenaga battery, yaitu prosesor SU9400 Core 2 Duo (ULV). Produk Acer yang pada jajaran Timeline tidak hanya mengandalkan daya tahan battery-nya saja, tetapi juga desain yang bagus dan yang lebih penting lagi adalah performanya.



Acer 4810T hadir dengan desain baru yang terlihat stylish. Acer 4810T hadir dengan balutan warna abu-abu metalik yang membuatnya terlihat futursitik dan mewah pada bagian luarnya. Pada bagian dalam Acer 4810T terdapat warna hitam pada bagian frame layar dan abu-abu pada bagian keyboard.
Beberapa orang mengatakan desain Acer 4810T terlihat konservatif, namun tetap terlihat stylis dan mewah. Acer 4810T dibuat dengan bahan metal yang membuatnya tampak kokoh dan memiliki daya tahan yang sangat baik.

Desain dan Rancangan
Saat kami membuka Acer 4810T, terlihat tiga campuran warna yang membalut bagian dalam Acer 4810T. Bagian frame layar berwarna hitam, kemudian warna transisi dari hitam ke warna abu-abu pada bagian keyboard, lalu warna abu-abu pada bagian touchpad-nya. Frame berwarna hitam yang membingkai layar terlihat mengkilap. Dibawah layar terdapat tombol power berwarna krome yang berukuran kecil namun tetap mudah untuk digunakan.
Dibagian kanan tombol power terdapat dua buah lubang speaker yang terlihat elegan. Diantara kedua lubang speaker terdapat tombol sentuh yang berguan untuk mengaktifkan wireless, pengaturan daya battery, dan pengaturan lainnya.




Dibawah tombol sentuh terdapat keyboard dengan balutan warna hitam legam. Keyboard Acer 4810T terlihat mengkilap dan berbentuk rata dengan badan notebook. Walaupun terlihat mengkilap, namun tombol keyboard tidak mudah kotor jika anda sering menggunakannya.

Keyboard Acer 4810T sangat baik saat kami gunakan untuk melakukan pengetikan menggunakan 10 jari. Walaupun tombol keyboard terlihat tidak memiliki jarak antar tombol satu dengan tombol lainnya, namun ukuran tombol tergolong besar dan mudah untuk digunakan. Untuk mempermudah penggunakan keyboard, Acer menyertakan tombol akses pintas berfungsi ganda. Anda dapat menggunakan tombol Home sampai tombol End untuk kepentingan multimedia, pengaturan brightness dan volume. Selain itu, tombol juga dapat digunakan untuk pengaturan daya battery Acer 4810T.




Dibawah keyboard terdapat touchpad yang berukuran besar. Dengan adanya touchpad yang berukuran besar, terkadang secara tidak sengaja pergelangan tangan kami mengeser pointer mouse saat kami sedang melakukan pengetikan yang membuat kami kesulitan untuk mengarahkan pointer mouse. Untungnya terdapat tombol pengunci touchpad yang berguna untuk mengunci pergerakan touchpad dan tombolnya yang terletak pada bagian kiri touchpad.

Touchpad dan Port
Touchpad yang terdapat pada Acer 4810T mudah untuk digunakan saat kami mencoba menggunakannya untuk membuka semua aplikasi yang terdapat pada Acer 4810T. Permukaan touchpad terasa halus saat kami menyentuhnya dan tidak licin saat kami mengeser jari kami pada permukaan touchpad. Touchpad yang terdapat pada Acer 4810T sudah mendukung gerakan multi-touch yang mana ini juga terdapat pada semua jajaran produk MacBook terbaru. Saat kami ujicoba, hanya beberapa aplikasi saja yang bisa menggunakan multi-touch seperti aplikasi foto dan browsing.




Pada bagian bawah touchpad terdapat lampu indikator yang berukuran kecil yang berguna untuk mengindikasikan : notebook sedang dicharger (lampu berwarna biru akan menyala), charger dilepaskan (lampu tidak menyala), daya battery akan habis (lampu berwarna merah). Pada bagian depan Acer 4810T terdapat card reader yang dapat membaca beberapa jenis kartu memory seperti SD/SDHC, MMC, MS/Pro dan xD.



Saat kami mencoba membuka dan menutup Acer 4810T berkali-kali, engsel yang terdapat pada bagian belakang Acer 4810T dapat berfungsi dengan baik dan terasa kokoh saat kami membuka dan menutupnya. Untuk konektivitas, pada bagian kiri Acer 4810T terdapat dua buah Port USB 2.0, VGA dan HDMI untuk koneksi video. Untuk lubang headphone/SPDIF dan lubang mikrofone terdapat pada bagian depan Acer 4810T.



Pada sisi kanan Acer 4810T terdapat satu Port USB, Port Ethernet, slot pengunci, dan jack power. Sayangnya tidak terdapat modem dan konektor eSATA pada Acer 4810T.
Untuk menunjang konektivitas Acer 4810T, Acer melengkapi 4810T dengan optical drive untuk membaca dan menulis DVD.

Performa
Sekarang kami akan mulai membahas performa Acer 4810T. Acer 4810T menggunakan prosesor SU9400 ULV Intel Core 2 Duo, yang mana prosesor ini sangat hemat dalam mengkonsumsi daya battery. Sayangnya, prosesor Acer 4810T hanya menggunakan clock-speed sebesar 1.4GHz yang mana sangat lamban untuk mendukung kinerja anda.

Itu hanyalah teori saja, sekarang kami akan mengujicoba performanya sendiri pada laboratorium kami. Pada ujicoba PCMark Vantage yang kami lakukan, ternyata hasil performa prosesor 1.4GHz SU9400 yang terdapat pada Acer 4810T lebih baik dari prosesor 2.26GHz P8400 Core 2 Duo yang terdapat pada Samsung X460 yang dikeluarkan akhir tahun 2008. Ternyata teori mengenai clock-speed 1.4GHz yang berkinerja lamban tidak selalu benar.




Basically, what the CPU performance comes down to is that while no speed demon, the 4810T should be perfectly happy running your daily productivity needs. Its CPU is backed by 3GB of DDR3 RAM, which is the maximum the included Windows Vista Premium 32-bit OS can handle anyway, as well as fairly generous 320GB hard drive. Further specifications include Draft-N Wi-Fi and Bluetooth 2.0 + EDR.

Untuk kartu grafik, Acer 4810T menggunakan kartu grafik buatan Intel, yaitu Intel Integrated Express 4. Saat kami mencoba menjalankan game TrackMania Nations Forever dengan grafik 3D, layar hanya dapat menampilkan game dengan kecepatan frame 6.17 frame per detik pada layar dengan resolusi 1,366 x 768 pixel. Walaupun tidak terlalu baik untuk memainkan game, tetapi layar Acer 4810T sangat baik ketika kami mencoba memainkan video dengan format Full HD. Sayangnya, layar Acer 4810T tidak dapat memainkan video dengan resolusi 720p.




Saat kami mencoba menonton video dengan melakukan pengaturan suara maksimal pada kedua speaker Acer 4810T. Suara yang keluar dari kedua speaker Acer 4810T terdengar kecil dan kurang mendukung saat kami menonton video. Selain itu, suara bass yang keluar dari speaker juga tidak terlalu kuat. Sebagai informasi, Acer 4810T sudah mendukung Dolby Sound Room, yang mana suara dapat terdengar sangat baik jika anda mendengarkan musik menggunakan headphone atau speaker.



Layar Acer 4810T menggunakan aspek rasio 16:9 – layar Acer 4810T menggunakan lampu latar berteknologi LED dengan resolusi maksimal 1,366 x 768 pixel. Layar Acer 4810T terlihat mengkilap dan terlihat kokoh, selain itu kami juga tidak memiliki masalah saat melihat layar pada sudut-sudut tertentu. Kedalaman warna dan kontras layar terlihat serasi saat kami menonton video pada layar.

Saat kami melakukan ujicoba battery, dengan pengaturan standar, battery dapat bertahan hingga 8 jam. Saat kami mencoba daya batery dengan pengaturan brightness 40% dan menonaktifkan wireless, battery Acer 4810T dapat bertahan hinggan 8 kam lebih.

Saat kami mencoba menonton DVD dengan brightness 100%, daya battery dapat bertahan hinggan 4 jam 23 menit. Daya tahan battery Acer 4810T benar-benar mengesankan kami. Acer 4810T menggunakan teknologi penahan panas "Laminar Wall Jet technology", yang mana notebook tidak akan terasa panas saat anda menggunakannya dalam waktu yang lama.




Saat kami membandingkan daya battery Acer 4810T dengan pesaing terdekatnya, yaitu Samsung X460, daya battery Acer 4810T tetap lebih baik dari pesaingnya yang berharga 100 Euro lebih mahal. Batery Samsung X460 hanya dapat bertahan hingga 4 jam saja.

Kata Penutup
Stylish, ringan, dan mewah adalah tiga kata yang mendefinisikan Acer 4810T. Tidak hanya mengandalkan performa batery yang sangat baik, tetapi performa yang terdapat didalam Acer 4810T juga dapat diandalkan.

Sumber : Kassa9



Tidak ada komentar:
Write komentar