e

Jumat, 06 November 2009

Apple MacBook baru

 

Apple MacBook baru
"Review Apple MacBook baru"
Written on 25 Feb 2009 by Febryanto

Perkenalan
Ini tidak hanya sekedar indah. Ini juga tipis dan ringan. Inilah MacBook baru yang berbahan alumunium, MacBook baru tentu saja dilengkapi dengan touchpad, layar yang terlihat seperti kaca, tetapi tidak sampai disini saja kehebatannya. Kam akan menguji daya tahan dan grafik MacBook baru yang sangar popular ini. Para pengguna MacBook banyak berkata bahwa MacBook memiliki kecepatan dan desain yang bagus dari para pesaingnya. Tetapi beberapa software yang dapat digunakan pada Windows belum tentu dapat digunakan pada MacBook baru ini.
Tampilan baru

MacBook baru terlihat meminjam desain dan elemen dari MacBook Air, seperti bahan aluminum dengan sudut-sudut yang berbentuk seperti elips. Seperti MacBook Air, keyboard pada MacBook baru berwarna hitam dengan jarak pada tombol (generasi MacBook terakhir juga menggunakan ini).

Disamping bahan alumunium pada MacBook baru yang berbahan alumunium seperti MacBook Air, MacBook baru juga lebih baik dari segi spesifikasi. Ini berkat adanya proses manufaktur yang tidak membedakan bahan pembuat MacBook dan MacBook Air. Biasanya laptop versi murah berbahan dasar plastik, tetapi ini tidak pada MacBook baru. Bahan dasar alumunium memiliki daya tahan yang lebih baik dari bahan plastik.

Dimensi MacBook baru berukuran 12.8 x 8.9 x 1.0-inchi. Bahan dasar alumunium membuatnya lebih kokoh ketika disentuh. Berat MacBook baru sekitar 4.5 pon dan ini lebih ringan setengahnya dari MacBook sebelumnya. Tentunya daya tahan pada MacBook baru juga meningkat.
Semua dengan sentuhan tidak terdapat tombol

Lampu keyboard pada MacBook baru versi $1,599 dapat diatur sesuai dengan keinginan anda. Tetapi pada MacBook baru versi $1,299 tidak terdapat fitur ini. Ini dapat membuat anda semakin cepat dan nyaman saat melakukan pengetikan.
MacBook generasi baru ini dilengkapi dengan multi-touch touchpad, yang mana anda dapat memanipulasi layar seperti pada layer iPhone: anda dapat menggunakan jari anda untuk memperbesar halaman web, atau melihat foto dengan jarak menggese jari anda. Ukuran touchpad 39 persen lebih besar dari MacBook sebelumnya, dengan adaya multi-touch bary anda dapat mengganti aplikasi menggunakan keempat jari anda.

Disamping ukuran, tidak terdapat tombol pada touchpad-nya. Tombol seperti yang terdapat pada mouse untuk double klik misalnya. Anda harus menggunakan touch pad untuk menggantikan ini.

Touchpad terlihat kokoh dan berdaya tahan baik. Anda akan terbiasa dengan multi-touch dalam beberapa menit saja, ini membuat ketagihan. Sayangnya anda hanya dapat menggunakan multi-touch pada aplikasi Apple saja. Misalnya kami hanya dapat menggunakan ini pada saat memperbesar halama web pada browser Safari saja dan tidak pada browser Firefox 3.
Layar dan Optical drive untuk membaca CD/DVD

MacBook Pro memiliki desain lampu latar LED yang berbeda dengan MacBook. Desain lampu latar pada MacBook Pro terlihat datar dan memiliki efek bezel. Layar MacBook berukuran 13.3-inchi, dengan resolusi layar 1280 x 800-pixel, layarnya sangat mengesankan. Tetapi sayangnya layar pada MacBook mudah kotor karena sidik jari karena efek bezel.

Kami mencoba menonton DVD film Heroes pada MacBook dan MacBook Pro, dan kami melihatnya secara bersamaan dan membandingkan warna pada kedua layarnya. Tetapi pada layar MacBook Pro terlihat lebih baik dan lebih kaya warna dan lebih hitam. Kami mencoba menonton video dengan sudut 180-derajat, tetapi tidak terdapat perbedaan yang berarti pada layarnya.

Karena MacBook berukuran lebih kecil dari MacBook Pro, speaker pada MacBook hampir tidak terlihat, karena terdapat dibawah keyboard, ini sebenarnya sama seperti yang terdapat pada MacBook Pro. Walaupun speakernya tidak terlihat, tetapi suara pada MacBook tetap besar tidak, kami sudah membandingkannya dengan speaker MacBook Pro.

Sayangnya, MacBook tidak dilengkapi dengan opsi Blu-ray, tetapi anda dapat mendownload video Blu-ray dari iTunes dan layanan video premium lainnya.



Port dan Webcam

MacBook dilengkapi dengan port USB 2.0, mini DisplayPort, sebuah port MagSafe, dan Ethernet jack, headphone dan port untuk mic, dan slot Kensington untuk mengunci MacBook. Sayangnya tidak terdapat port FireWire dan slot ExpressCard seperti pada MacBook Pro.

MacBook dilengkapi dengan lebih dari satu port USB, ini dapat digunakan sebagai port HDMI. Tetapi sayangnya tidak disertai dengan adapter-nya, tetapi Apple menjual adapter untuk mini DisplayPort-DVI seharga $29. (DisplayPort-HDMI adapter belum tersedia sampai saat ini). Adapter DVI dapat digunakan untu monitor sebesar 24 inchi. Jika monitor anda lebih besar anda harus membeli adapter Dual-Link DVI seharga $99.

Seperti MacBook lainnya, terdapat kamera VGA iSight sebagai webcam. Ini seperti kamera yang terdapat pada MacBook Pro, dapat mengambil foto dengan baik dan detil ini juga dapat menampilkan kemilau cahaya pada rambut anda. Disamping itu ketika kami merekam video pada MacBook, video dapat ditampilkan dengan baik. Ini terlihat pada kekayaan warna, tetapi video terkadang terihat agak blur. Berita baiknya terdapat fitur autofokus pada kameranya. Selain itu juga terdapat beberapa efek pada kameranya.


Performa

Dibawah keyboard MacBook terdapat prosesor 2.4-GHz Intel Core 2 Duo P8600 CPU dan RAM sebesar 2GB. Pada ujicoba Geekbench, performa CPU MacBook mendapat skor 3,512, dan MacBook Pro mendapat skor 3,672. Pada ujicoba CineBench, MacBook mendapat skor 2,570 untuk single CPU dan skor 4,064 untuk performa multi-CPU ( MacBook Pro mendapat skor 2,640 dan 5,536 pada ujicoba yang sama). MacBook berwarna hitam versi sebelumnya (dengan prosesor 2.4-GHz Core 2 Duo T8300 dan RAM 2GB) mendapat skor 3,578 pada ujicoba Geekbench, dan 2,743 dan 5,198 pada ujicoba Cinebench pada ujicoba single dan multi-CPU, sangat mengesankan.

Perbedaan performa antara MacBook baru dan MacBook Pro tidak terlalu berbeda jauh pada ujicoba single-CPU, tetapi saat ujicoba multi-CPU performa MacBook Pro lebih baik dari MacBook baru. Untuk pekerjan sehari-hari seperti mengerjakan dokumen word dan browsing, keduanya dapat menjalankan dengan baik tanpa terdapat masalah yang berarti. Tetapi saat mencoba menjalankan program yang berat secara bersamaan performa MacBook Pro terasa lebih baik.

Walaupun begitu performa MacBook tidak terlalu tertinggal jauh terhadap MacBook Pro, untuk menghidupkan MacBook hanya memerlukan waktu 42 detik (39 detik pada MacBook Pro). Kami juga mencoba menjalankan aplikasi: 1 detik untuk aplikasi browser Safari; 2 detik untuk iChat dan iPhoto; dan 4 detik untuk iTunes dan Firefox 3. Kami tidak mendapat masalah saat membuka tujuh tab pada browser Firefox 3, membaca dan mengirim e-mail, bekerja dengan Google Docs, dan mendownload World of Warcraft.

MacBook yang kami miliki diatur agar berjalan pada 5,400-rpm, dengan hardisk 250GB. Kami mencoba mentransfer file sebesar 4.97GB ke MacBook kami, ini dapat dilakukan dalam waktu 3 menit 44 detik, berarti kecepatan rata-ratanya 22.7 MBps. Jika anda merasa kurang cepat anda dapat menambahkan sebuah 128GB solid state drive seharga $600.
Performa grafik

MacBook Pro dilengkapi dengan kartu grafik ganda (dual graphic card), sementara itu MacBook hanya dilengkapi dengan satu kartu grafik yaitu GeForce 9400M card dengan memory shared 256MB. Apple mengklaim kombinasi dari peforma chip dan GPU lebih 5X lebih cepat performa kartu grafik Intel. Kami akan mengujicoba GeForce 9400M untuk anda.

Pada tes yang dilakukan Cinebench pada mode OpenGL, Mac-memiliki kartu grafik yang mengesankan, MacBook mendapat skor 4,064. Sementara itu MacBook lama berwarna hitam dengan Intel GMA X3100 GPU hanya mendapat skor 1,928. Ini berarti 2.5 kali lebih cepat, ini berarti benar apa yang diklaim oleh pihah Apple. (MacBook Pro baru yang memiliki layar 15 inchi mendapat skor 4,666 pada ujicoba kartu grafik, MacBook Pro tetap lebih baik).

Kami mencoba mengkonvert video berformat H.264 berdurasi 2-menit-50-detik ke format MPEG-4 ini dapat dilakukan dalam waktu 1 menit 47 detik—ini hampir sama seperti yang kami lakukan pada MacBook Pro. Untuk MacBook lama ini dapat dilkakukan dalam waktu 4 menit 41 detik.

Kami mencoba memainkan game Call of Duty 4. Secara keseluruhan, MacBook dapat menjalankan frame dengan rata-rata 23.9 frame per detik dengan pengaturan kartu grafik disetel paling maksimal dan dengan layar beresolusi 1280 x 800-pixe. Kami mengujicoba skor frame MacBook pada 8 titik pada level pertama permainan. Pada ruagan pertama rata-rata frame hanya 18.5 fps, kami mencoba berpindah dari dak ke kapal, rata-rata frame meningkat antara 24 dan 40 fps, ini cukup baik. Ketika kami berpindah tempat dan mencoba menembakan senjata frame turun menjadi 11 fps. Walaupun demikian bermain Call of Duty 4 pada MacBook sungguh mengasikan.
Daya tahan battery dan kekuatan sinyal Wireless

Kekuatan sinyal Wireless-N Airport sungguh mengesankan. Dengan jarak 5 kaki dari router kami, kami membuka NYTimes.com hanya dalam waktu 1 detik pada browser Safari, dan 3 detik untuk website CNN.com, Laptopmag.com, dan Hulu.com. Pada browser Firefox 3, halaman web dapat diakses 3, 2, 3, dan 2 detik, mengesankan. Kami mencoba sinyal Wireless dari jarak 100 kaki dari router kami. Kami tidak melihat adanya penurunan sunyal Wireless.
Sama seperti MacBook Pro, tidak terdapat modul mobile broadband. Tetapi anda dapat mencolokan kartu koneksi pada port USB yang terdapat pada MacBook, kami lebih memilih menggunakan ExpressCard pada hal ini.
Batrey MacBook dapat bertahan hingga 4 jam 45 menit pada ujicoba yang kami lakukan (kami juga menjalankan Wi-Fi sambil browsing). Batrey dapat bertahan hingga 5 jam, ini sungguh mengesankan. Pada MacBook lamaBlack untuk memainkan DVD dapat bertahan hingga 4 jam 19 menit. Untuk browsing via Wi-Fi dapat bertahan hingga 5.5 jam. Ini lebih baik dari MacBook baru, tetapi kartu grafik dari MacBook baru memang lebih boros battery ketimbang karu grafik MacBook lama.
Software dan garansi

MacBook dilengkapi dengan sistem operasi Mac OS X, ini termasuk sudah termasuk Time Machine untuk mem-backup software, juga aplikasi lainnya seperti iPhoto dan iMovie. MacBook dilengkapi dengan garansi selama 1 tahun dan juga layanan telepon untuk Mac anda.
Kata penutup

Secara keseluruhan, MacBook sangat mengesankan, berdesain tipis dan ringan dan terlihat seperti gadget kelas atas dengan bahan alumunium yang membalut bodynya. Selain itu kartu grafik dan daya tahan MacBook juga dapat diandalkan. Keypad, tombol, dan touchpad pada MacBook benar-benar mudah digunakan. Tetapi MacBook juga memiliki kelemahan seperti penempatan port USB yang susah dijangkau dan tidak terdapat slot ExpressCard/slot memory. Versi MacBook $1,599 yang kami ujicoba benar-benar mengesankan, tetapi versi $1,299 (dilengkapi dengan 2-GHz CPU, 160GB HDD, dan tidak terdapat lampu latar untuk keyboard) juga tidak terlalu buruk.



Tidak ada komentar:
Write komentar