e

Jumat, 06 November 2009

Asus Eee PC S101

 

Asus Eee PC S101
"Review Asus Eee PC S101"
Written on 20 May 2009 by Febryanto


Perkenalan
ASUS baru saja mengeluarkan netbook terbarunya yang ditujukan untuk para eksekutif. ASUS Eee PC S101 dilengkapi dengan desain premium berkualitas tinggi dan berukuran ringan, tetapi tetap menggunakan prosesor yang sama dengan netbook sekelasnya.



Desain S101 terlihat seperti desain Asus U2E, yang membedakannya adalah bahan kulit yang tidak terdapat pada bagian luar S101. Asus S101 dikeluarkan dalam beberapa pilihan varian warna, yaitu hitam (yang kami miliki), coklat, dan merah muda. Anda dapat dengan mudah membedakan produk Netbook Asus Eee PC dengan produk notebook ASUS dengan cara melihat bagian luar yang mengkilap pada Asus Eee PC. Ini sudah menjadi ciri khas produk ASUS pada jajaran ASUS Eee PC

ASUS S101 memiliki ukuran yang tipis dan ringan dengan berat hanya 1.1 kg saja. Dengan ukuran yang ringan, anda dapat membawa S101 kemanapun anda pergi dengan sangat mudah. Bagian sudut S101 memiliki bentuk elips yang membuatnya menjadi semakin manis saat dlihat. S101 menggunakan battery 4 sel dengan kapasitas 4,900mAh dan 6 sel dengan kapasitas 6,600mAh.



Jika bagian atas dilengkapi dengan desain tampilan yang terlihat mengkikap, pada bagian bawah S101 dilengkapi dengan bahan metal yang membuat S101 terlihat kokoh. Pada bagian yang mengelilingi layar dan keyboard terdapat bagian berwarna hitam yang terlihat mengkilap. Untuk bagian engsel, S101 menggunakan bahan krome berwarna gelap yang sesuai dengan warna S101 kami.

Pada bagian atas keyboard terdapat lampu latar dan tombol sentuh untuk keperluan multimedia S101. Pada bagian ini juga terdapat tombol power dan tombol akses pintas untuk melakukan pengaturan daya battery, dibawah tombol sentuh terdapat mikrofone yang dapat berfungsi dengan baik saat kami gunakan.




Pada bagian belakang terdapat lubang ventilasi, dan beberapa port konektivitas seperti Port VGA, Ethernet, DC-in dan slot pengunci. Pada bagian samping kanan S101 terdapat Port USB, lubang untuk mencolokan headphone, jack mikrofone. Sementara itu, pada bagian kanan terdapat 2 buah Port USB. Pada bagian belakang S101 terdapat card reader. Jika anda membeli S101 yang menggunakan OS Windows, anda akan mendapatkan kartu SDHC sebesar 16GB.

Keyboard dan Touchpad
Keyboard dan touchpad pada S101 terlihat lebih baik dari versi pendahulunya. Keyboard pada S101 kini tidak lagi memiliki desain rata, keyboard terlihat agak sedikit menonjol keatas yang memudahkan kami saat melakukan pengetikan. Kami tidak mendapatkan masalah saat melakukan pengetikan dan juga pengetikan dapat dilakukan dengan cepat tanpa terdapat kesalahan pengetikan. S101 dilengkapi dengan layar sebesar 10.2 inchi, jarak dari layar dengan keyboard terlihat cukup besar dan tidak menggangu saat melakukan pengetikan.



Sebagai informasi, terdapat perbedaan ukuran tombol keyboard pada S101 yang dijual di Inggris dan yang dijual di Indonesia. Spesifikasi disetiap Negara disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing Negara.

Tombol Shift terdapat pada bagian kiri dan kanan keyboard, sayangnya ukuran tombol Shift terlihat kecil dan kami cukup kesulitan saat ingin mengetik huruf besar pada dokumen Word. Inilah konsekuensinya jika anda ingin membeli S101



Kami tidak memiliki masalah dengan tombol yang terdapat pada keyboard selain pada tombol Shift yang berukuran kecil. Pada bagian bawah keyboard terdapat touchpad dengan ukuran yang cukup besar. Touchpad S101 dilengkapi dengan satu tombol dan ini memang ciri khas ASUS Eee PC, walaupun hanya memiliki satu tombol, tetapi tombol touchpad tetap mudah untuk digunakan.

Layar sebesar 10.2 inchi pada S101 dapat menampikan gambar dengan resolusi maksimal sebesar 1,024 x 600 pixel. Layar terlihat terang dan mudah untuk dibaca pada sudut-sudut tertentu sekalipun. Layar S101 menggunakan teknologi anti pantulan cahaya yang membuat layar tetap baik saat melihatnya pada sudut-sudut tertentu. Saat kami mencoba melihat foto dan menonton video, kontras layar terlihat kurang terang tetapi teks tetap mudah untuk dibaca.




Mekanisme penutup S101 menggunakan mekanisme magnet yang terlihat halus saat kami membukanya. Dengan mekanisme magnet, layar tetap dapat tertutup dengan baik saat anda menyimpan netbook pada tas anda.

S101 dilengkapi dengan prosesor yang sama dengan netbook lainnya. Netbook ini menggunakan prosesor 1.6GHz Intel Atom dan RAM sebesar 1GB untuk versi OS Windows serta hardisk sebesar 16GB SSD yang dikombinasikan dengan kartu SDHC sebesar 16GB dengan total kapasitas penyimpanan sebesar 32GB. Untuk konektivitas, S101 dilengkapi dengan Wi-Fi seri N dan Ethernet 10/100.



Anda sudah bisa mendapatkan S101 versi OS Windows dengan harga £449, S101 juga dijual dengan versi OS Linux dengan hardisk sebesar 64GB SSD dan RAM sebesar 2GB. Kami tidak membahas S101 dengan versi Linux karena hanya dijual di Inggris saja.

Paket penjualan S101 juga dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan online sebesar 20GB selama 18 bulan. Untuk S101 versi OS Windows, sudah dilengkapi dengan beberapa Software buatan Microsoft, yaitu Windows Live Suite dan Microsoft Works serta garansi selama 2 tahun.



Jika anda menggunakan S101 hanya untuk mengerjakan pekerjaan kantor, S101 sudah lebih dari cukup. Jangan berharap lebih pada S101, karena untuk melakukan multitasking saja kinerja Intel Atom yang ditanamkan pada S101 sudah berat. Jika anda menginginkan netbook dengan performa yang lebih baik, anda dapat mempertimbangkan untuk membeli MSI Wind dengan harga yang hampir sama dengan S101.

Saat kami mencoba performa batery S101, battery dapat bertahan hingga 4 jam 30 menit yang mana battery memiliki performa yang cukup baik. Kami mengujicoba batery dengan pengaturan netbook brightness layar 50% dan menggunakan Power Saving Mode untuk menghemat daya battery. Kami melakukan pemakaian netbook secara normal seperti membuka halaman web, melakukan pengetikan Word, dan beberapa program kecil lainnya. Jika anda tidak membuka banyak program, battery dapat bertahan hingga lebih dari 5 jam.


Kata Penutup

ASUS S101 memiliki desain yang bagus serta ukuran yang ringan. Daya battery yang terdapat pada S101 juga dapat diandalkan, anda tidak perlu membawa charger netbook setiap kali anda akan melakukan presentasi karena battery dapat bertahan hingga lebih dari 4 jam. Sayangnya, performa S101 tidak terlalu baik untuk melakukan multitasking, tetapi untuk netbook seharga $449, ASUS S101 dapat menjadi pilihan untuk menggantikan netbook lama anda.

Tidak ada komentar:
Write komentar