e

Sabtu, 21 November 2009

Lenovo IdeaPad S10e

 

Lenovo IdeaPad S10e
"Review Lenovo IdeaPad S10e"
Written on 4 Jun 2009 by Febryanto


Perkenalan
Jika beberapa waktu lalu Lenovo baru saja mengeluarkan notebook terbarunya, kali in Lenovo mengeluarkan netbook terbarunya yang berukuran kecil. Lenovo IdeaPad S10e dilengkapi dengan prosesor Intel Atom processor, Wi-Fi, Bluetooth, layar sebesar 10.1 inchi dan hardisk sebesar 160GB. S10e dilengkapi dengan Windows XP serta OS instant Linux.




OS instant yang terdapat pada S10e biasa disebut dengan nama Lenovo QuickStart, sistem OS instant dapat membantu anda untuk mengakses program secara instan hanya dalam waktu 5 detik saja sesaat setelah anda menekan tombol power yang terdapat pada S10e. Beberapa program yang dapat anda buka dengan menggunakan OS instant adalah aplikasi web browser, galeri foto, pemutar musik, instant messaging dan Skype chat.
Dengan Windows XP, S10e sudah memiliki kemampuan lebih dari cukup untuk membantu anda mengerjakan pekerjaan kantoran anda. Sekarang kami akan mencoba menggunakan OS instant yang terdapat pada S10e terlebih dahulu.




Saat kami mencoba membuka aplikasi web browser pada OS instant yang terdapat pada S10e, cukup menyita waktu sampai aplikasi dapat digunakan, yaitu 40 sampai 50 detik. Lebih cepat menghidupkan netbook daripada membuka aplikasi browser yang terdapat pada S10e.

Fitur lainnya seperti pemutar musik, galeri foto, dan instant messaging dapat dibuka jauh lebih cepat dari aplikasi web browser yang terdapat pada OS instant. Sayangnya, saat menggunakan OS instant, anda tidak dapat melakukan pengaturan sensitivitas pada touchpad.

Desain dan Penggunaan
Desain S10e memang tidak terlalu stylish, namun yang terpenting adalah performa yang terdapat didalamnya. S10e dibuat dari bahan plastik berwarna hitam mulai dari bagian luar, bagian dalam sampai ke bagian engsel S10e. Lenovo S10e berada pada jajaran produk Lenovo ThinkPad, produk pada kelas ini dikenal dengan harganya yang terjangkau serta kemampuanya yang baik S10e dikeluarkan dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, putih, dan merah.




Bagian luar dan dalam S10e terbuat dari plastik, namun tidak terlihat mengkilap saat terkena cahaya. Dengan penggunaan bahan yang tidak terlihat mengkilap, permukaan tidak mudah kotor karena sidik jari walaupun anda sering menyentuhnya. Walaupun engsel S10e menggunakan bahan plastik namun engsel tetap terlihat kokoh saat kami membuka dan menutup layar berkal-kali.

Tidak hanya bagian engsel yang terlihat kokoh, keyboard yang terdapat pada bagian bawah layar juga terasa kokoh saat kami gunakan untuk melakukan pengetikan. Permukaan tombol keyboard terasa halus saat kami sentuh dan tidak terdapat masalah saat kami melakukan pengetikan pada keyboard.




Sayangnya, posisi tombol Fn dan tombol Ctrl key agak berbeda dengan posisi tombol Fn dan Ctrl pada netbook lainnya. Dengan posisi tombol yang agak berbeda, terkadang menyulitkan kami untuk dapat mengaksesnya saat sedang melakukan pengetikan.

Tidak hanya itu, tombol Return dan tombol Shift yang berada pada sisi kanan berukuran lebih kecil dari tombol pada netbook lainnya. Ini cukup menyulitkan kami ketika ingin mengetik dengan huruf besar.




Diatas keyboard terdapat layar berukuran 10.1 inchi dengan resolusi 1,024 x 576 pixel yang dapat menampilkan gambar dengan baik.

Layar S10e terlihat terang dan mengkilap saat kami melihatnya. Layar dapat menampilkan kedalama warna yang cukup baik dan tidak mendapatkan masalah saat kami melihatnya pada sudut-sudut tertentu.

S10e menggunakan prosesor yang sama dengan netbook lain sekelasnya, yaitu prosesor Intel Atom N270 1.6GHz dan RAM sebesar 1GB, yang mana memory sebesar 512MB dialokasikan untuk motherboard dan 512MB untuk upgrade modul. Anda dapat menambahkan RAM sebesar 2GB dengan total RAM menjadi 2.5GB.




Untuk konektivitas, S10e dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11b/g Wi-Fi, Port Fast Ethernet 10/100 dan Bluetooth 2.0. Tidak hanya itu, S10e juga dilengkapi dengan dua buah Port USB yang terdapat pada bagian samping kiri dan kanan, serta slot 34mm ExpressCard. Pada bagian samping S10e juga terdapat card reader, lubang headphone dan jack mikrofone. Diatas layar terdapat kamera webcam beresolusi 1.3-megapixel.



Sama seperti netbook lain sekelasnya, S10e dilengkapi dengan battery tiga sel dengan kapasitas 28 Watt. S10e memiliki berat total 1.14kg termasuk battery. Saat kami ujicoba, daya tahan battery S10e dapat bertahan hingga 2 jam 30 menit.

S10e sudah bisa anda dapatkan dengan harga mulai dari 230 Euro sampai dengan 250 Euro. Jika anda memiliki uang sebanyak 280 Euro, anda dapat mempertimbangkan untuk membeli netbook lainnya yang berperforma lebih baik seperti Eee PC 1000 dengan battery senam sel, MSI Wind U100-291UK (juga dengan batery enam sel).



Kata Penutup

S10e yang dilengkapi dengan prosesor Intel Atom hanya bisa anda gunakan untuk membantu anda menyelesaikan pekerjaan kantoran anda. Jika anda membeli S10e untuk bermain game, anda harus membeli netbook lainnya.

1 komentar:
Write komentar
  1. huhuhuhu...facebook lenovo????

    ermmm...nak tahu harga laptop ni???

    BalasHapus