e

Kamis, 19 November 2009

Toshiba NB100-128

 

Toshiba NB100-128
"Review Toshiba NB100-128 "
Written on 20 Jul 2009 by Febryanto
Source: -


Perkenalan
Toshiba baru saja mengeluarkan netbook terbarunya yang dikeluarkan untuk melengkapi jajaran netbooknya seperti Toshiba NB200 yang hadir lebih dulu hadir dipasaran Indonesia beberapa waktu lalu. Toshiba NB100 menggunakan layar berukuran 8.9 inchi yang mana lebih kecil dari NB200 yang menggunakan layar sebesar 10 inchi. Walaupun menggunakan layar yang berukuran lebih kecil namun performa NB100 tidak kalah baik dengan performa NB200.




Toshiba NB100 dikeluarkan dalam dua pilihan OS, anda dapat memiliki OS Ubuntu atau Windows XP Home, RAM sebesar 512MB atau 1024MB, dan hardisk sebesar 80 atau 160GB. Untuk prosesor, kedua seri NB100 ini dilengkapi dengan prosesor Intel N270 Atom processor 1.60GHz dan kartu grafik GMA 950.

NB100-128 yang kami ujicoba menggunakan OS Windows XP dengan RAM 1GB dan hardisk sebesar 120GB.




Dalam kelas netbook yang menggunakan OS Windows XP, Toshiba NB100 akan bersaing dengan Samsung NC10 dan MSI Wind. Pada kotak penjualan Toshiba NB100 terdapat CD Quickstart, buku panduan manual, dan Toshiba Recovery DVD yang sudah terdapat OS Windows XP Home Edition didalamnya. Toshiba NB100 tidak dilengkapi dengan DVD Rewriter, anda bisa menggunakan DVD Rewriter eksternal jika anda ingin menginstal program pada Toshiba NB100.



Toshiba NB100 hadir dengan berat 1048 gram (Toshiba mengklaim berat NB100 hanya 999 gram dalam iklannya). Toshiba NB100 tergolong ringan jika dibandingkan dengan netbook lainnya. Bagian luar NB100 terdiri dari dua warna, selain itu bagian luar juga terasa kokoh saat kami genggam. Pada bagian belakang yang terdapat engsel terlihat adanya bagian yang agak menonjol sekitar 1.5 cm yang mana ini adalah battery empat sel yang terdapat pada bagian belakang netbook.

Pada bagian luar juga terdapat aksen warna silver yang mana membuatnya semakin terlihat atraktif. Bagian luar terlihat mengkilap namun tidak mudah kotor dengan sidik jari anda.

Keyboard dan Touchpad
Pada bagian dalam NB100 terlihat interior berwarna hitam, tombol power pada bagian atas keyboard, touchpad yang terdapat dibawah keyboard, serta lubang speaker yang terdapat pada bagian bawah layar. Touchpad NB100 terlihat memiliki warna hitam yang berbeda dengan warna hitam pada interior NB100 yang mana bertujuan untuk membedakan antara interior dan touchpad.




Keyboard terlihat berukuran kecil sehingga sulit digunakan untuk orang yang memiliki jari besar. Tombol shift sebelah kanan posisinya kini berada dibagian bawah dekat dengan tombol kursor arah atas. Tombol pada keyboard terasa kurang baik saat kami melakukan pengetikan tidak seperti pada NB200.

Pada bagian bawah keyboard terdapat touchpad yang juga berukuran kecil tetapi mudah untuk digunakan. Dibawah touchpad terdapat dua buah tombol yang berguna untuk menggantikan tombol yang terdapat pada mouse.


Port


Toshiba sudah melengkapi NB100 dengan banyak port. Pada sisi kiri terdapat satu port USB dan tombol pengunci layar. Pada bagian depan terdapat jack mikrofone 3.5mm dan konektor headphone, serta lubang mikrofone. Pada sisi kanan terdapat card reader dan port USB. Pada bagian belakang terdapat D-SUB dan port LAN.


Layar


NB100 menggunakan layar sebesar 8.9 inchi beresolusi 1,024 x 600 pixel yang mana terlihat lebih baik bila dibandingkan dengan layar netbook lain sekelasnya. Layar terlihat terang dan jernih saat kami melihatnya, kami juga tidak memiliki masalah saat melihatnya pada sudut-sudut tertentu.

Pada bagian bawah layar terdapat speaker yang mengeluarkan bunyi kecil walaupun kami sudah mengaturnya pada volume maksimal. Untuk mendengarkan musik lebih baik anda dapat menggunakan headphone favorit anda.




Dibalik keyboard terdapat prosesor 1.60GHz Intel N270 Atom yang mana juga digunakan pada netbook lain sekelasnya. Kami tidak mendapatkan masalah saat memainkan video beresolusi 720p. RAM sebesar 1GB juga sangat baik untuk menjalankan OS Windows XP dan melakukan multitasking. Setiap netbook keluaran terbaru yang kami bahas akhir-akir ini sudah dapat melakukan multitasking dengan baik

NB100 dilengkapi dengan hardisk sebesar 120GB yang mana cukup besar untuk ukuran sebuah netbook. Untuk konektivitas, NB100 sudah dilengkapi dengan port Ethernet dan Wi-Fi 802.11g. NB100 tidak dilengkapi dengan Bluetooth.

Software dan Garansi

Toshiba sudah melengkapi NB100-128 dengan software seperti Microsoft Office 2007 (Free Trial), MS Works 9.0, McAfee Anti-Virus (Free Trial), Picasa 2 (untuk mengedit gambar), dan Toshiba DVD Player

Toshiba sudah melengkapi NB100 dengan garansi selama 1 tahun penuh.
Daya Tahan Batery

Toshiba melengkapi NB100 dengan battery empat sel yang dapat bertahan hingga 3 jam 20 menit saat kami memainkan video dengan pengaturan tingkat brightness 50% dan Wi-Fi dalam keadaan aktif.




NB100 dilengkapi dengan Silent Mode yang mana dapat diaktifkan dengan menekan tombol akses pintas yang terdapat pada keyboard. Dengan menggunakan Silent Mode maka prosesor akan bekerja dengan daya konsumsi battery yang sangat rendah. Jika anda mengaktifkan Silent Mode dengan pengaturan brightness 20% dan Wi-Fi dinonaktifkan maka battery dapat bertahan hingga hampir 5 jam.

Kata Penutup

Dengan ukuran kecil, Toshiba NB100-128 mudah untuk dibawa kemanapun anda bepergian. Walaupun ukurannya kecil tetapi performa dan daya tahan battery NB100 dapat diandalkan.


Tidak ada komentar:
Write komentar