e

Jumat, 06 November 2009

Apple MacBook 13in White (MC240B/A)

 

Apple MacBook 13in White (MC240B/A)
"Review Apple MacBook 13in White (MC240B/A)"
Written on 22 Jul 2009 by Febryanto
Source: -



Perkenalan
Setelah peluncuran pertamanya tahun 2006 Apple MacBook White tidak pernah terlihat berevolusi lagi, padahal para penggila MacBook White berharap bahwa Apple akan kembali meluncurkan Apple MacBook White baru. Setelah sekian lama menanti, akhirnya penantian panjang para penggila Apple MacBook White berakhir. Apple baru-baru ini baru saja meluncurkan Apple MacBook White baru dengan layar sebesar 13 inchi dan sasis unibody yang juga digunakan pada Apple MacBook White generasi pertama yang diluncurkan tahun 2006. Tidak hanya mengandalkan sasis unibody saja, tetapi Apple juga melengkapi Apple MacBook White dengan kartu grafik sekelas nVidia 9400M yang dapat diandalkan.




Pihak Apple mengatakan kepada kami bahwa Apple MacBook White sebenarnya tetap exists selama ini karena Apple MacBook White dijual untuk kalangan menengah yang mana tidak terdapat pada jajaran produk laptop Apple selama ini. Pihak Apple juga menginformasikan kepada kami bahwa produk notebook terbarunya ini akan dijual dengan harga kurang dari 10 juta rupiah

Karena Apple MacBook White baru ini ditujukan untuk kalangan menengah dan dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal, maka Apple banyak mengurangi fitur-fitur yang mana terdapat pada jajaran produk MacBook Pro seperti lampu latar berteknologi LED, touchpad multi-touch, dan card reader untuk membaca kartu SD



Untuk mendukung kinerja anda, Apple sudah menanamkan prosesor Intel Core 2 Duo P7450 2.13GHz, 1,066MHz FSB, 3MB L2 cache dengan kombinasi RAM DDR2 sebesar 2GB, dan hardisk sebesar 160GB dengan kecepatan 5,400rpm.




Untuk urusan konektivitas, Apple sudah melengkapi Apple MacBook White dengan konektkvitas Wi-Fi Draft-N, Bluetooth 2.1, serta port Gigabit Ethernet. Selain itu, Apple juga melengkapi Apple MacBook White dengan software Apple iLife 09 yang dikombinasikan dengan OS X.

Desain dan Penggunaan
Desain Apple MacBook White terlihat seperti desain produk notebook Apple lainnya. Bagian dalam dan luar Apple MacBook White terlihat berwarna putih bersih dan dan terlihat sedikit mengkilap, namun tidak mudah kotor karena sidik jari.



Port yang terletak pada bagian kiri Apple MacBook White terlihat tertata dengan baik. Walapupun Apple MacBook White dijual dengan harga yang terjangkau, namun Apple membuat Apple MacBook White dengan bahan berkualitas. Bahan berkualitas yang digunakan untuk membuat Apple MacBook White sudah dapat terlihat saat kali pertama kami mengeluarkan Apple MacBook White dari dalam kotak penjualannya. Selain itu, saat kami sentuh bahan yang digunakan pada Apple MacBook White juga terasa sangat kokoh.




Apple MacBook White menggunakan desain unibody terbaru yang mana terbuat dari alumunium yang sangat berpengaruh untuk mengusir hawa panas didalam prosesor. Sebenarnya ini tidak terlalu berpengaruh besar pada sebuah notebook, yang mempengaruhi panas atau dingin sebuah notebook adalah kipas yang dapat bekerja dengan baik untuk mengusir hawa panas.
Port

Apple MacBook White tidak dilengkapi dengan card reader untuk membaca kartu SD yang mana sangat penting kegunaannya saat ini. Walaupun demikian, Apple sudah melengkapi Apple MacBook White dengan port FireWire dengan kecepatan hingga 400Mbps yang mana terdapat pada MacBook Pro. Selain itu juga terdapat port mini-DVI, port mini-DisplayPort, dua buah port USB, jack audio line-in dan line-out, serta port Ethernet.




Untuk masalah audio, Apple MacBook White sudah dilengkap dengan speaker, namun suara speaker terdengar kecil walaupun kami sudah mengaturnya pada tingkat suara maksimal.

Keyboard dan Touchpad
Tidak seperti MacBook Pro baru, Apple MacBook White tidak dilengkapi dengan lampu latar berteknologi LED pada layarnya. Apple MacBook White masih menggunakan lampu latar berteknologi CCFL seperti yang digunakan pada notebook keluaran tahun 2008. Apple MacBook White memiliki berat total 2.2kg termasuk battery.




Walaupun menggunakan lampur latar berteknologi CCFL namun layar Apple MacBook White terlihat baik pada kontras dan kedalaman warnanya. Gambar bunga dan pohon terlihat lebih natural dibandingkan dengan layar Apple MacBook Pro yang menggunakan lampu latar berteknologi LED. Walaupun demikian layar tidak terlihat seterang layar notebook yang menggunakan LED.

Tombol keyboard Apple MacBook White terasa keras saat kami tekan, kami lebih menyukai keyboard pada MacBook Pro yang terasa lembut saat kami tekan. Selain itu keyboard Apple MacBook White juga tidak dilengkapi dengan lampu latar.



Touchpad pada Apple MacBook White terasa sensitif dan mudah untuk digunakan, namun sayangnya touchpad tidak mendukung gerakan multi-touch seperti pada seri notebook keluaran Apple lainnya. Walaupun tidak dilengkapi dengan multi-touch tetapi touchpad dilengkapi dengan area untuk melakukan scrolling.

Prosesor yang terdapat pada Apple MacBook White terasa lebih cepat dari prosesor yang digunakan oleh Samsung Q320 dan the HP Pavilion dv3 saat kami melakukan multitasking pada MacBook White walaupun MacBook White hanya menggunakan RAM sebesar 2GB.


Daya Tahan Batery


Saat kami melakukan ujicoba daya tahan battery, battery MacBook White dapat bertahan hingga 2 jam 44 menit saat kami memainkan sebuah DVD. Daya tahan battery MacBook White hampir sama dengan daya tahan notebook lain sekelasnya yang menggunakan OS Windows seperti Samsung Q320 dan HP Pavilion dv3-2055ea. Saat kami ujicoba battery MacBook White untuk menyelesaikan pekerjaan kantor kami seperti membuka file office dan browsing via Wi-Fi, battery dapat bertahan hingga 4 jam 28 menit.


Kata Penutup

Untuk keseluruhan, MacBook White baru ini sangat layak untuk anda beli. Produk keluaran Apple memang dapat diandalkan. Mulailah menabung untuk mengganti notebook lama anda dengan Apple MacBook White baru ini.

Tidak ada komentar:
Write komentar