e

Jumat, 06 November 2009

Apple MacBook Pro baru

 

Apple MacBook Pro baru
"Review Apple MacBook Pro baru"
Written on 1 Mar 2009 by Febryanto


Perkenalan
Hampir dua tahun yang lalu tepatnya tahun 2007, Apple resmi mengeluarkan MacBook Pro, dan ini sudah kami bahas pula disaat Apple mengeluarkan MacBook ditahun 2007. Sekarang Apple memberikan tampilan dan desain baru pada Apple MacBook Pro baru yang baru saja dikeluarkan awal tahun 2009 lalu. Desain Apple MacBook Pro terlihat tipis dengan layar yang terang dan desain yang bagus. Selain itu MacBook Pro baru dilengkapi denga kartu grafik sekelas Nvidia. Jika MacBook baru dipasarkan dengan harga $1,299 sampai dengan $1,599, MacBook Pro baru ini dipasarkan dengan harga mulai dari $1,999 sampai dengan $2,499, tetapi ini memiliki performa yang lebh baik daripada MacBook.
Desain MacBook Pro baru

MacBook Pro terlihat meminjam desain dan elemen dari MacBook Air, bahan pembuat MacBook Pro baru terbuat dari aluminum dengan sudut-sudut yang berbentik elips. Sama dengan MacBook Air, keyboard pada MacBook Pro baru berwarna hitam dan juga terdapat jarak diantara tombolnya.

Disamping bahan aluminum dan permukaan yang halus, MacBook Pro baru juga dapat diandalkan. Untungnya Apple tidak membedakan kelas antara bahan laptop kelas atasnya dan laptop kelas bawahnya (biasanya laptop kelas bawah berbahan dasar plastik). MacBook Pro baru memiliki body yang disebut dengan unibody, yang mana ini memiliki daya tahan yang lebih baik dari pendahulunya.

MacBook Pro baru berukuran 14.4 x 9.8 x 0.95-inchi dan terasa kokoh saat kami sentuh. MacBook Pro baru memiliki berat 5.5 pon, ini berarti MacBook Pro baru lebih ringan 0.1 ons dari pendahulunya. MacBook Pro baru juga ringan walaupun memiliki layar sebesar 15.4-inchi.

Semuanya sentuhan dan tidak terdapat tombol pada Touch-Pad

Sama seperti notebook keluaran Sony yaitu VAIO, lampu latar pada keyboard terlihat kurang cahaya pada keadaan gelap (anda dapat mengatur kondisi cahaya pada MacBook Pro baru versi mahal). Pada bagian atas anda dapat melihat tombol untuk keperluan multimedia seperti tombol pause/play, stop, dan tombol skip untuk menonton video yang mana ini mudah untuk digunakan.



Tombol MacBook Pro baru sangat halus dan mudah untuk digunakan saat anda melakukan pengetikan. Ini berarti tombol pada MacBook dan MacBook Pro dibuat dengan bahan terbaik agar mudah untuk digunakan.

MacBook Pro baru dilengkapi dengan touch multi-sentuh, ini berguna untuk memanipulasi objek pada layar seperti pada iPhone. Anda dapat menggunakan jari anda untuk memperbesar halaman Web, atau menggeser foto dengan menggunakan touch-pad-nya. Touchpad pada MacBook Pro baru berukuran 39 persen lebih besar dari MacBook Pro sebelumnya, dengan adanya touch-pad multi-sentuh yang baru anda dapat dengan mudah berganti aplikasi dengan menggunakan jari anda saja.

Selain itu touch-pad pada MacBook Pro baru juga tidak memiliki tombol sebagai pengganti mouse, jadi touch-pad pada MacBook Pro baru semuanya digerakan dengan sentuhan dan tidak terdapat tombol.

Touch-pad pada MacBook Pro baru terlihat memiliki daya tahan yang kuat. Anda akan terbiasa dengan touch-pad multi-sentuh hanya dalam beberapa menit saja. Sayangnya touch-pad multi-sentuh hanya dapat digunakan pada aplikasi MacBook Pro baru baru saja. Contohnya anda hanya dapat memperbesar halaman web pada browser Safari dan ini tidak dapat dilakukan pada browser Firefox 3. Anda dapat mengganti penggunaan tombol pada touch-pad dengan cara mengetuk dua kali pada bagian bawah sebelah kiri dan kanan.

Layar dan Optical Drive untuk membaca CD/DVD

Desain baru yang terdapat pada MacBook Pro baru adalah lampu latar yang terbuat dari LED yang letaknya mendatar. MacBook Pro baru memiliki layar berukuran 15.4-inchi, dengan resolusi layar 1440 x 900-pixel yang membuatnya terlihat terang dan kaya akan warna. Layar MacBook Pro baru terlihat seperti kaca dan ini membuatnya berkesan sebagai laptop kelas atas.

Kami mencoba memutar DVD film Heroes pada MacBook Pro baru , kami sangat menikmati file Heroes yang kami putar menggunakan MacBook Pro baru. Tidak terdapat masalah saat kami melihat film pada sudut 180 derajat, tidak terdapat efek hitam pada layar. Speaker pada MacBook Pro baru terdapat dibawah keyboardnya, kualitas suara pada MacBook Pro baru sangatlah bagus.



Sayangnya tidak terdapat pembaca CD Blu-ray pada MacBook Pro baru . Tetapi anda tetap dapat menonton film berkualitas high-definition dengan cara mendownload-nya pada situs : high-def flicks dan TV show dari iTunes.
Port dan Webcam

MacBook Pro baru dilengkapi dengan dua port USB versi 2.0, port FireWire 800, port DisplayPort, port MagSafe power, Ethernet jack, headphone dan port untuk mic, serta port Kensington untuk mengunci laptop. Selain itu terdapat slot ExpressCard/34 (tetapi ini bukanlah card reader). Port FireWire dan slot ExpressCard (digunakan untuk kartu mobile broadband) tidak tersedia pada MacBook Pro baru versi murah, ini hanya terdapat pada MacBook Pro baru versi mahal MacBook.



Kami berharap kepada pihak Apple agar menambahkan jumlah port USB, dan juga port untuk HDMI. MacBook Pro baru juga tidak dilengkapi dengan adapter, tetapi Apple menjual adapter Mini DisplayPort-DVI seharga $29 (adapter Mini DisplayPort-HDMI tidak tersedia sampai saat ini).

Seperti MacBook lainnya, MacBook Pro baru juga dilengkapi dengan kamera beresolusi 1.3-megapixel yang disebut dengan iSight yang terdapat diatas layar. Saat kami mencoba mengambol foto menggunakan web-cam- nya, foto sangatlah bagus dan detil, terutama pada pencahayaannya. Disamping itu web-cam juga dapat digunakan untuk perekaman video. Perekaman video pada MacBook Pro baru memiliki suara yang baik tetapi hasil perekaman video terlihat agak blur. Selain itu kamera juga dilengkapi dengan fitur auto-fokus dan efek kamera.

Kartu grafik

MacBook Pro baru dilengkapi dengan kartu grafik sekelas Nvidia graphic card (tidak hanya satu tetapi dua kartu grafik), sebuah GeForce 9400M dengan memory bersama 256MB dan GeForce 9600M GT dengan memory sebesar 512MB. Dengan adanya dua kartu grafik ini memberikan pengalaman tersendiri dalam bermain game, menonton video berkualitas HD dan menjelajah halaman web.

Anda dapat melakukan pengaturan kartu grafik dengan sangat mudah. Pertama anda harus mengklik Energy Saver Panel pada System Preferences Anda dapat memilih mode grafik terbaik dan mode menghemat battery.
Performa grafik

Pada ujicoba Cinebench dalam mode OpenGL, MacBook Pro mengantungi skor 5,163. Ini lebih baik dari pendahulunya yaitu MacBook Pro lama yang dilengkapi dengan Nvidia GeForce 8600M GPU dan mendapat skor 5,028 (bahkan dengan RAM 4GB dan CPU 2.6-GHz T8700). MacBook Pro baru dengan GPU yang sama, tetapi RAM sebesar 2GB mendapatkan skor 4,064. Ketika kami mengubah mode grafik pada MacBook Pro baru ke grafik 9400M, mode OpenGL hanya mendapatkan skor 4,666.

Kami juga mencoba mengkonvert sebuah video berdurasi 2-menit 50-detik dengan format H.264 dan merubahnya ke format MPEG-4; dengan kartu grafik dipasang pada 9400M, prosesnya hanya memerlukan waktu sekitar 1 menit 49 detik. Kami juga memasangannya pada grafik 9700M GT, dan waktu yang dihasilkan hanya 7 detik lebih lama.

Kami juga mengujicoba frame pada game Call of Duty 4 dengan kartu grafik maksimal. MacBook Pro baru memiliki grafik dengan frame rata-rata sekitar 20.5 frame per detik dengan resolusi layar dipasangkan pada 1440 x 900 pixel, yang mana ini lebih rendah 3 frame dari MacBook, kami mencoba menurunka resolusi layar menjadi 1280 x 800 pixel. Dan mengaktifkan kartu grafik, MacBook Pro baru dapat menghasilkan frame rata-rata sebanyak 29.4 fps.

Kami mencoba menggunakan GPU, pada ruangan pertama level 1 game Call of Dutty 4 menghasilkan frame dengan rata-rata frame 34 fps. Kami mencoba berpindah dari dak ke kapal dan ini menghasilkan frame rata-rata 28 fps, ini cukup baik. Bahkan ketika kami mencoba menembakkan senjata, pergerakan tetap terlihat halus. Anda harus mencoba memainkan game Call of Duty 4 pada MacBook Pro baru, ini sangat menyenangkan.
Prosesor

MacBook Pro baru dilengkapi dengan prosesor 2.53-GHz Intel Core 2 Duo T9400 CPU dan RAM sebesar 4GB RAM. Ini mendapatkan skor sebesar 3,672 pada ujicoba Geekbench, sebuah lembaga ujicoba terkemuka performa laptop, ini sangat memalukan karena MacBook Pro lama dengan prosesor 2.6-GHz (mendapatkan skor 3,679). Pada ujicoba CineBench, MacBook Pro baru mendapatkan skor 2,640 untuk performa CPU single dan skor 5,536 untuk performa multi-CPU. MacBook Pro lama mengantungi skor 2,809 dan 5,028, pada hasil yang sama.

Kami juga melakukan beberapa ujicoba lainnya, MacBook Pro baru membutuhkan waktu 39 detik untuk menghidupkan laptop. Kami juga mencoba untuk membuka aplikasi, untuk aplikasi iChat membutuhkan waktu 2 detik dan Firefox 3 detik, dan untuk iTunes serta iPhoto membutuhkan waktu 4 detik. Ketika kami melakukan multitasking, tidak terdapat masalah. Kami membuka 5 tab pada firefox dan dua aplikasi Apple sambil membaca email, berbicara menggunakan Google Chat, bekerja dengan Google Doc, dan menonton video streaming pada Hulu.com.

Kami mencoba memindahkan sebuah video berukuran 4.97GB pada flash disk ke MacBook Pro, kami memasang CPU pada 5,400-rpm, dengan kapasitas hardisk 320GB ini dapat dilakukan dalam waktu 3 menit 54 detik, ini berarti dalam 1 detik data dapat dipindahkan sebanyak 21.8 MBps—5 MBps lebih cepat dari kecepatan rata-rata.


Sinyal wireless

Kami menggunakan router Wireless-N Airport. Router dan MacBook Pro baru kami hanya berjarak 5 kaki, untuk membuka situs CNN.com menggunakan browser Safari hanya memerlukan waktu 3 detik, NYTTimes.com 2 detik, untuk Laptomag.com 4 detik dan 1 detik untuk Hulu.com. Saat menggunakan browser Firefox 3, MacBook Pro baru dapat melakukannya dalam 5, 2, 5, dan 3 detik, ini lebih lama dari browser safari. Sayangnya tidak terdapat modul untuk akses mobile broadband
Daya tahan battery dan garansi

Battery MacBook Pro baru dapat bertahan gingga 2 jam 47 menit saat digunakan untuk memainkan DVD (kami mencobanya dengan kartu grafik dan Wi-Fi yang dinonaktifkan). Ini berarti 20 menit lebih rendah dibandingkan dengan MacBook Pro lama. Untuk browsing via Wi-Fi MacBook Pro baru dapat bertahan hingga 3 jam 25 menit.
MacBook Pro baru disertai dengan garansi selama satu tahun.

Kata penutup

Dengan desain, performa, dan inovasi, menjadikan Apple MacBook Pro baru yang memiliki layar sebesar 15-inchi ini menjadi salah satu yang terabik dikelasnya. Dengan kartu grafik ganda, touch-pad multi-sentuh, dan desain yang bagus ini dapat menjadikannya pemimpin pasar saat ini. MacBook Pro baru dilengkapi dengan kartu grafik sekelas Nvidia yang sudah tidak perlu diragukan lagi performanya.

Harga $2,499 memang mahal untuk sebuah laptop, apalagi tidak terdapat pembaca CD Blu-ray, resolusi tinggi pada layar, HDMI, sebuah card reader, dan port USB yang sedikit. Sebagai pembanding, kartu grafik ganda, berat yang ringan, yang terdapat pada MacBook Pro baru versi mahal, sudah terdapat pada HP Pavilion dv5t berlayar 15.4 inchi dengan harga $1,853 ($646 lebih murah dari MacBook Pro). Ini tidak akan menjadi masalah jika anda memiliki banyak uang, anda dapat membeli MacBook Pro baru untuk berinvestasi, tetapi sebelum anda memutuskan membeli MacBook Pro baru versi mahal and harus melihat MacBook Pro baru versi $1,999. Ini dapat menjadi pertimbangan untuk anda beli.



Tidak ada komentar:
Write komentar