e

Jumat, 06 November 2009

Apple MacBook Pro 17-inchi

 

Apple MacBook Pro 17-inchi
"Review Apple MacBook Pro 17-inchi"
Written on 24 Mar 2009 by Febryanto

Perkenalan
Apple baru saja mengeluarkan MacBook dan MacBook Pro berukuran layar 17-inchi, desainnya hampir sama dengan MacBook dan MacBook Pro berukuran layar 13-inchi dan 15-inchi. MacBook Pro versi 15-inchi memiliki dua kartu grafik yang dapat diganti sesuai dengan keinginan anda. Untuk MacBook Pro versi 17 inchi, perbedaan yang mendasar dari MacBook Pro versi 15 inchi adalah daya tahan battery yang dapat mencapai 8 jam dan ukuran layar yang lebih besar 60 persen dan berarti terdapat peningkatan pada warna layar. MacBook Pro 17-inchi adalah laptop dengan layar berukuran 17-inchi teringan dan tertipis didunia. Dijual dengan harga mulai dari $2,799, MacBook Pro 17-inchi tidak jual untuk sembarangan orang, ini hanya untuk profesional saja.
Desain yang Ringan

MacBook Pro 17-inchi adalah laptop dengan layar 17-inchi teringan dan tertipis didunia. Berat MacBook Pro 17-inchi hanya 6.6 pon dengan tebal 0.98 inchi, MacBook Pro 17-inchi adalah laptop dengan layar tertipis didunia. Kami mencoba membandingkan dengan berat laptop lainnya seperti Gateway MD Series yang memiliki layar 16 inchi beratnya 6.8 pon, dan HP Pavilion dv5t dengan layar 15.4 inchi beratnya 6.4 pon.

MacBook Pro 17-inchi memiliki desain dan bahan yang sama dengan MacBook Pro lainnya. Dengan bahan aluminum ini sama dengan yang dimiliki oleh MacBook Pro 13-inchi dan MacBook Pro 15-inchi. MacBook Pro 17-inchi dibuat dengan kerangka yang disebut dengan “unibody” oleh Apple, tidak terdapat pembuka battery atau apapun yang berupa slot pembuka pada MacBook Pro 17-inchi. Dengan desain yang disebut dengan “unibody” membuat MacBook Pro 17-inchi semakin indah saat dipandang mata.
Keyboard

MacBook Pro 17-inchi memiliki ukuran keyboard yang besar, dengan ukuran yang besar, tentunya tombol yang terdapat pada MacBook Pro 17-inchi juga berukuran besar. Mungkin sebagian orang menganggap keyboard-nya terlalu besar.

MacBook Pro 17-inchi dilengkapi dengan keyboard berwarna hitam yang terdapat jarak yang cukup luas antar tombol. Dibawah keyboard terdapat dua buah lubang speaker. Warna tombol yang berwarna hitam sangat kontras dengan warna body yang berwarna alumunium. Keyboard MacBook Pro 17-inchi dilengkapi dengan sensor cahaya untuk menghemat energi battery.

Keyboard dibuat dengan bahan berkualitas tinggi yang sangat halus dan nyaman saat digunakan, kami mencoba mengetik menggunakan keyboard MacBook Pro 17-inchi, tetapi akurasi pengetikan tetap sama dengan MacBook Pro 15-inchi dan 13 inchi. Ini lumayan mengesankan.


Trackpad Multi Sentuh

Sama seperti MacBook Pro 13-inch dan MacBook Pro 15-inchi, MacBook Pro 17-inchi dilengkapi dengan bahan seperti kaca untuk trackpad multi sentuhnya, dengan ini anda dapat melakukan gerakan multi sentuh yang terdapat pada Apple iPhone. Anda dapat menggunakan trackpad multi sentuh untuk memperbesar, menggeser, memutar, dan scrolling objek. Tetapi sayangnya gerakan multi sentuh hanya dapat anda lakukan untuk program dari Apple saja seperti Safari dan iPhoto.



Kami telah mencoba menggunakan trackpad multi sentuh berulang-ulang kali dalam beberapa hari. Tidak terdapat masalah yang berarti saat kami menggunakannnya, pergerakan terasa halus dan lembut pada layar MacBook Pro 17-inchi.

Sama seperti MacBook Pro lainnya, trackpad pada MacBook Pro 17-inchi juga tidak dilengkapi dengan tombol. Untuk menggunakannya anda dapat menyentuh bagian kiri dan kanan bawah sebagai pengganti tombol. Trackpad sangat mudah untuk digunakan, pergerakannya terasa lembut dan halus.
Layar dan Suara

Layar MacBook Pro 17-inchi beresolusi 1920 x 1200-pixel yang dapat menampilkan gambar dengan sangat baik. Saat kami membuka browser, layar dapat memperbesar gambar dengan sangat detil.

Dengan layar sebesar 17 inchi, anda dapat dengan mudah menonton film dan menggunakan aplikasi multimedia. Layar MacBook Pro 17-inchi terlihat bersinar seperti layaknya cermin, desainnya sangat indah. Dengan adanya teknologi LED-sebagai lampu latar, membuat layar MacBook Pro 17-inchi semakin bagus saat dilihat. Layar MacBook Pro 17-inchi dilengkapi dengan sensor cahaya yang dapat membantu menghemat energi battery sampai dengan 60 persen.

Dengan layar yang terlihat mengkilap, tidak terdapat efek hitam saat kami melihat layar pada sudut 180-derajat. Kami sangat menikmati video yang kami lihat pada jarak beberapa kaki.

Kami mencoba menonton DVD serial Heroes; ini terasa seperti nonton di bioskop, layar MacBook Pro 17-inchi yang bagus didukung oleh speaker yang dapat mengeluarkan suara yang cukup kencang. Sayangnya Apple tidak menyertakan optik pembaca Blu-ray pada MacBook Pro 17-inchi. Kami juga mencoba menonton serial TV dengan resolusi HDTV yang kami download dari iTunes. Layar MacBook Pro 17-inchi mendukung resolusi HD 1920 x 1080. Anda juga dapat mengedit video HD tanpa perlu mengecilkan resolusi video terlebih dahulu


Port

MacBook Pro 17-inchi dilengkapi dengan tiga buah port USB (pada MacBook Pro 15 inchi hanya terdapat 2 port USB), port FireWire 800 (kompatibel dengan port FireWire 400), sebuah port Mini DisplayPort untuk video (adapter dijual secara terpisah seharga $29), jack Ethernet, dan lubang headphone serta port mikrofone; dan yang terakhir terdapat slot ExpressCard/34. Sayangnya tidak terdapat pembaca kartu memory dan port HDMI.




Semua port terdapat pada sisi kiri MacBook Pro 17-inchi. Pada sisi kanan hanya terdapat optik untuk membaca CD/DVD. Pada sisi kiri juga terdapat lampu indikator LED untuk menandakan kekuatan battery yang berwarna hijau

Webcam

MacBook Pro 17-inchi dilengkapi dengan Webcam beresolusi VGA (640 x 480) yang disebut dengan nama iSight. Kamera webcam pada MacBook Pro 17-inchi juga berguna untuk mengambil foto dan merekam video lengkap dengan efeknya. Anda dapat mengirim foto dan video menggunakan iLife, atau chat menggunakan iChat.
Untuk foto, kamera MacBook Pro 17-inchi dapat mengambil foto dengan baik. Untuk perekaman video terlihat adanya jeda saat diputar.
Performa

MacBook Pro 17-inchi dilengkapi dengan prosesor 2.66-GHz Intel Core 2 Duo dan RAM sebesar 4GB. Pada ujicoba Geekbench, performa MacBook Pro 17-inchi mendapatkan skor 3,414 dan untuk grafik mendapatkan skor 3,440, MacBook Pro 15-inchi mendapatkan skor 3,672 dan 3,694.
Untuk mengaktifkan MacBook Pro 17-inchi diperlukan waktu 37 detik. Dengan hardisk sebesar 320GB, 5,400-rpm ini dapat menjalankan browser Firefox 3 dengan cepat. Kami tidak mendapatkan masalah saat membuka beberapa tab pada browser Safari, yang kami gunakan untuk membaca email dan membuka Google. Sambil membuka browser, kami juga membuka aplikasi Google docs dan mendownload program HandBrake.
Kami menggunakan software Handbrake untuk mengkonvert video berdurasi 2-menit-17 detik ke format MPEG-4. Ini dapat dilakukan dalam waktu 2 menit 20 detik; saat kami mengkonvert sembari menjalankan DVD program memerlukan waktu 2 menit 33 detik. Ini lebih lama dibandingkan dengan Dell XPS 16, yang menggunakan kartu grafk ATI yang memerlukan waktu 37 detik untuk video yang sama, dan 45 detik saat kami menjalankan program sembari memutar video Blu-ray.
Opsi Upgrade

MacBook Pro 17-inchi dilengkapi dengan pengaturan standar. Anda dapat mengupgrade prosesor 2.66-GHz Intel Core 2 Duo CPU menjadi 2.93-GHz dengan harga $300. Anda juga dapat membeli RAM ganda sebesar 8GB dengan harga $1,200. Opsi lainnya anda dapat mengganti drive 5,400-rpm menjadi drive 7,200-rpm seharga $50. Untuk mengupgrade 128GB atau 256GB solid state drive anda memerlukan $300 dan $750.



Kartu grafik yang dapat diganti

Sama seperti MacBoo Pro 15-inchi, MacBook Pro 17-inchi juga dilengkapi dengan dua buah kartu grafik yaitu : Nvidia dan GeForce 9400M dan 9600M GT dengan memory sebesar 512MB. Anda dapat dengan mudah mengganti kartu grafik yang ada dengan cara mengklik ikon batery yang terdapat disudut kanan atas dan memilih mode penghemat energi battery. Anda dapat memilih mode penghemat battery dan performa maksimal.

Performa kartu grafik MacBook Pro 17-inchi pada ujicoba Cinebench, mendapatkan skor sebesar 4,602; dan 5,308 untuk kartu grafik tertinggi.

Kami mencoba memainkan game Far Cry 2, MacBook Pro 17-inchi dapat menampilkan gambar dengan frame sangat baik yaitu 63.8 frame per detik pada resolusi layar sebesar 1920 x 1200-pixel.
Daya Tahan battery

MacBook Pro 17-inchi dilengkap dengan battery yang memiliki daya tahan yang tinggi. Tetapi ini semua bergantung dari cara anda menggunakannya. Terdapat beberapa pengaturan battery yang dapat anda pilih untuk menghemat energi battery. MacBook Pro 17-inchi dilengkapi dengan battery lithium polymer. Jika anda mengaktifkan kartu grafik battery dapat bertahan hingga 6 jam 53 menit (kami mencobanya untuk browsing via Wi-Fi). Pihak Apple mengklaim battery dapat bertahan hingga 4 jam lebih lama jika anda menggunakannya dengan mode penghemat battery.

Batery MacBook Pro 17-inchi tidak dapat diganti tidak seperti battery MacBook Pro 15 inchi. Pihak Apple mengklaim battery dapat bertahan hingga 1000 kali pengisian battery. Ini berarti 3 kali lebih lama dari battery notebook lainnya. Anda dapat menggunakan battery sampai dengan 5 tahun.

Jika anda ingin mengganti battery MacBook Pro 17-inchi, anda harus mengeluarkan uang sebanyak $179. Jika anda beruntung laptop MacBook Pro 17-inchi anda dapat diganti battery-nya pada hari itu juga dan tidak perlu menunggu terlalu lama.


Software dan Garansi

MacBook Pro 17-inchi dipasarkan hari ini, MacBook Pro 17-inchi dilengkapi dengan sistem operasi Mac OS X Leopard. Sebagai tambahan MacBook Pro 17-inchi juga dilengkapi dengan Time Machine (untuk membackup software) dan Spaces (untukmelihat program yang sedang dijalankan), serta iLife ’09, sebuah program multimedia yang memenangkan penghargaan LAPTOP 09.

MacBook Pro 17-inchi dilengkapi dengan garansi selama satu tahun. Anda juga dapat membeli garansi tambahan selama 3 tahun dengan menambah $349 lebih banyak.
Kata Penutup

Dengan harga mulai dari $2,799, MacBook Pro 17-inchi jelas ditujukan untuk kalangan profesional kelas atas. Tetapi sebenarnya MacBook Pro 17-inchi lebih ditujukan untuk kalangan penggila multimedia ini dapat dilihat dari adanya kartu grafik ganda pada MacBook Pro 17-inchi. Dengan layar yang besar, MacBook Pro 17-inchi tetap ringan dan tidak akan membuat anda terasa berat saat membawanya.
Anda dapat mempertimbangkan Dell XPS 16 seharga $1,804, dengan berat 6.8 pon, walaupun lebih berat dan berdaya tahan battery lebih rendah, tetapi memiliki desain yang tidak kalah bagus dengan MacBook Pro, tampil dengan layar RGB yang mengesankan Dell XPS 16 dapat menjadi pilihan anda. Tetapi jika anda memiliki banyak uang tampaknya anda membutuhkan MacBook Pro 17-inchi untuk melengkapi gaya hidup anda.

1 komentar:
Write komentar