e

Kamis, 19 November 2009

Asus U80V

 

Asus U80V
"Review Asus U80V"
Written on 1 Sep 2009 by Febryanto
Source: Kassa9


Perkenalan
Saat ini vendor pembuat laptop ASUS sedang naik daun dengan produk netbook seri Eee PC-nya, walaupun demikian ASUS tetap mengeluarkan produk notebooknya. Baru-baru ini ASUS baru saja mengeluarkan notebook terbarunya yang dilengkapi dengan teknologi baru.



ASUS U80V menggunakan layar berukuran 14 inchi dengan aspek rasio 16:9. Untuk membuat performa U80V menjadi yang terbaik dikelasnya, ASUS menanamkan prosesor sekelas Intel Core 2 Duo T9550 dengan kecepatan 2.66GHz yang dikombinasikan dengan RAM sebesar 4GB dan kartu grafik ATI Mobility Radeon HD4570. Jika melihat spesifikasi yang terdapat pada U80V, pastinya notebook ini memiliki kinerja yang dapat diandalkan.

ASUS menjual U80V dengan beberapa konfigurasi prosesor dan RAM yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. U80V yang kami miliki adalah seri tertinggi pada jajarannya. Keyboard dan touchpad U80V dilengkapi dengan lampu latar berteknologi LED sehingga keyboard dan touchpad mudah untuk digunakan dalam kondisi kurang cahaya sekalipun.




Touchpad U80V sudah mendukung multitouch yang mana anda dapat memperbesar foto dan halaman web menggunakan kedua jari anda pada touchpad. Kami tidak mendapatkan kesulitan saat menggunakan touchpad untuk melakukan multitouch

Touchpad U80V juga sudah dilengkapi dengan fungsi scrolling yang mana dapat digunakan dengan mudah saat mengedit file dokumen dan browsing.




U80V memiliki keyboard yang berukuran cukup besar dan mudah untuk digunakan karena terdapat jarak antar tombol seperti keyboard Apple MacBook. Lampu latar yeng terdapat pada keyboard dapat menerangi setiap tombol dengan baik dan terlihat halus serta menyilaukan mata. Lampu latar dapat diatur agar tidak mengganggu ketika digunakan. Untuk mengatur tingkat intensitas cahaya lampu latar anda dapat menggunakan tombol F3 dan F4. U80V juga dilengkapi dengan sensor cahaya yang hanya dapat digunakan untuk mengatur tingkat cahaya pada layar.

Desain dan Penggunaan
Bagian luar dan dalam U80V dibalut dengan warna hitam yang terlihat mengkilap yang mana membuatnya terlihat sebagai notebook kelas atas. Tidak hanya itu, desain kelas atas juga terlihat pada lubang speaker berwarna krome yang terdapat diatas keyboard.





Jika anda pernah melihat ulasan kami mengenai ASUS UX50V, sebenarnya desain kedua notebook keluaran ASUS ini hampir sama, namun layar U80V berukuran lebih keci dari ukuran layar UX50V

Dibawah keyboard terdapat tombol touchpad yang berfungsi untuk menggantikan tombol pada mouse. U80V hanya dilengkapi dengan satu tombol touchpad saja, walaupun demikian tombol touchpad kiri dan kanan dapat digunakan dengan mudah. Touchpad U80V terlihat berukuran besar dan mudah untuk digunakan saat kami melakukan ujicoba. Permukaan touchpad terasa sensitif saat kami sentuh.




Tombol F1-F11 memiliki fungsi ganda yang mana dapat anda gunakan sebagai akses pintas untuk fitur yang terdapat pada beberapa menu.

U80V dilengkapi dengan port konektivitas yang cukup lengkap seperti port USB, port VGA, port Ethernet, port HDMI-out, dan jack audio yang terdapat pada sisi kiri.

Pada sisi kanan terdapat card reader, slot ExpressCard 34mm, dan tombol Wi-Fi. Selain itu pada sisi kanan juga terdapat optical drive dan port USB tambahan. Tombol power terdapat pada bagian atas disamping kanan speaker. U80V tidak dilengkapi dengan port eSATA.


Sama seperti notebook ASUS lainnya, U80V juga dilengkapi dengan OS ExpressGate. OS instant ini dapat anda akses menggunakan tombol yang terdapat pada sisi kiri speaker.




OS ExpressGate dapat mengaktifkan notebook dalam waktu 25 detik. Pada OS ExpressGate terdapat beberapa program multimedia seperti web browser, pemutar musik, dan galeri foto.

U80V menggunakan layar berukuran 14 inchi beresolusi 1,366 x 768 pixel yang dilengkapi dengan lampu latar berteknologi LED. Kami tidak mendapatkan masalah saat melihat layar dari sisi samping sekalipun.




Untuk urusan audio, ASUS menggandeng produsen speaker sekelas Altec Lansing yang sudah berpengalaman dalam membuat speaker. Dengan adanya sistem audio buatan Altec Lansing suara yang dikeluarkan oleh speaker U80V terdengar lebih baik dari notebook sekelasnya yang menggunakan speaker biasa.
Kata Penutup

Secara keseluruhan, performa U80V dapat diandalkan. Kami cukup membaca spesifikasinya saja untuk tahu performa yang terdapat didalam.

Tidak ada komentar:
Write komentar