e

Kamis, 19 November 2009

Asus Eee Top All-In-One PC

 

Desktop PC
Asus Eee Top All-In-One PC
"Review Asus Eee Top All-In-One PC"
Written on 14 Jun 2009 by Febryanto

Perkenalan
Jika biasanya produk Asus pada jajaran Eee menggunakan prosesor Intel Atom, kali ini Asus tidak akan menggunakannya lagi untuk produk terbarunya ini. Produk terbaru dari Asus ini dilengkapi dengan keyboard dan mouse terpisah. Asus Eee Top adalah PC all-in-one pertama dalam jajaran Eee yang akan bersaing langsung dengan iMac dari Apple.




Saat kami pertama melihatnya, Asus Eee Top terlihat seperti PC yang terdapat didalam laboratorium komputer sekolah kami waktu kami masih sekolah dulu. Asus Eee Top tidak hanya ditujukan untuk pelajar, tetapi semua orang yang membutuhkan PC dengan ukuran kecil dan praktis. Desain Asus Eee Top memang tidak semewah desain iMac, namun sudah terdapat lubang speaker yang terdapat dibagian bawah layar.


Asus Eee Top terbuat dari bahan plastik. Sekilas, desain Asus Eee Top memang terlihat murahan, namun bahan yang digunakan untuk membuat Asus Eee Top tidaklah penting. Karena anda tidak mungkin membawa Asus Eee Top jika anda bepergian layaknya notebook anda. Asus menggunakan bahan plastik untuk membuat Asus Eee Top, semata-mata ditujukan agar dapat menekan biaya pembuatan dan dapat menjual Asus Eee Top dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan. Pada bagian belakang Asus Eee Top terdapat besi penahan agar Asus Eee Top dapat berdiri dengan tegak. Besi yang terdapat bagian belakang dapat disesuaikan posisinya dengan letak kepala anda.




Asus Eee Top dilengkapi dengan port konektivitas yang cukup lengkap. Pada bagian kiri Asus Eee Top terdapat dua buah Port USB dan card reader yang dapat membaca kartu memory seperti MMC, SD, SDHC, dan XD. Pada bagian kanan Asus Eee Top juga terdapat Port konektivitas seperti Port Ethernet, tiga buah Port USB 2.0, soket power, mikrofone, line-in, lubang headphone, dan slot pengunci.

Penggunaan
Asus Eee Top tidak dilengkapi dengan optical drive pembaca CD/DVD, untuk menginstal game/aplikasi atau menonton DVD anda harus menggunakan USB.




Diatas layar Asus Eee Top terdapat kamera webcam yang terletak diantara kedua mikrofone. Kamera webcam yang terdapat pada Asus Eee Top hanya dapat menampilkan gambar dengan resolusi maksimal sebesar 320 x 240 pixel. Saat kami mencobanya, kualitas webcam yang terdapat pada Asus Eee Top sangat mengecewakan.


Sekarang kami akan mencoba speaker yang terdapat dibawah layar Asus Eee Top, speaker tidak dapat mengeluarkan suara dengan baik. Suara bass kurang terdengar, namun suara yang dikeluarkan cukup kencang saat kami mencobanya.

Walaupun menggunakan layar sentuh, Asus tetap melengkapi Asus Eee Top dengan keyboard dan mouse pada kotak penjualannya. Ukuran tombol keyboard terlihat cukup besar dan memiliki jarak antar tombol, namun tidak terdapat tombol alfanumerik yang biasa terdapat pada bagian kanan keyboard. Pada bagian paling kanan keyboard terdapat tombol PgUp/PgDn/dll yang juga terdapat pada keyboard netbook Eec PC. Pada kotak penjualan Asus Eee Top terdapat sebuah stylus yang berguna untuk mempermudah pengunakan layar sentuhnya.




Mouse yang terdapat pada kotak penjualan Asus Eee Top terlihat kecil dan memiliki kabel yang pendek. Walaupun mouse Asus Eee Top berukuran kecil, namun tetap mudah saat kami gunakan. Tombol yang terdapat pada mouse serta scroll yang terdapat mouse dapat digunakan dengan mudah.



Kualitas layar sentuh Asus Eee Top tergolong bagus saat kami menggunakannya dengan menggunakan jari kami. Tingkat kecerahan warna serta tingkat brighteness yang terdapat pada layar tergolong baik untuk sebuah PC all-in-one dengan harga terjangkau. Sayangnya, tingkat kedalaman warna layar Asus Eee Top terlihat kurang bagus.

Tampilan Asus Eee Top seperti tampilan PC di laboratorium PC sekolah kami. Ikon yang terdapat layar terlihat cukup besar dan mudah untuk diklik dengan menggunakan jari kami. Layar sentuhnya terasa sangat sensitif dan responsif saat kami gunakan.




Asus Eee Top dilengkapi dengan program Easy Mode yang dapat dikustomisasi. Program ini terdapat pada ikon yang terdapat di desktop. Pada Easy Mode terdapat beberapa aplikasi seperti web browser (menggunakan browser Opera yang sangat mudah digunakan dengan sentuhan jari sebaik pada Internet Explorer); Sun Microsystem Star Suite; Software untuk webcam software; dan email. Terdapat beberapa akses pintas yang terdapat pada Easy Mode yang dibagi menjadi beberapa bagian kategori (tab), yaitu Communication, Fun, Work, dan Tools.



Asus juga sudah melengkapi Asus Eee Top dengan Eee Bar. Cara penggunaannya sama dengan penggunaan Easy Mode, namun untuk mengakses program yang terdapat pada Eee bar anda dapat menggunakan tombol Fn yang juga terdapat pada netbook Eee PC buatan Asus. Tombol ini juga berfungsi ganda sebagai tombol multimedia untuk mengatur tingkat brightness, dan mengganti performa tenaga battery. Sebenarnya, anda dapat menggunakan layar sentuh dan stylus untuk semua fungsi yang terdapat pada Asus Eee Top, namun anda tetap dapat menggunakan keyboard dan mouse sebagai media pengunaan Asus Eee Top


Asus Eee Top sudah bisa anda dapatkan dengan harga 430 Euro, harga Asus Eee Top sangatlah murah jika anda bandingkan dengan PC all-in-one lainnya. Untuk prosesor, Asus Eee Top dilengkapi dengan prosesor yang lebih baik dari prosesor yang terdapat pada notebook dengan layar 15.4 inchi.
Kata Penutup

Asus Eee Top ditujukan untuk PC segala kalangan, terutama untuk penggunan di rumah. Hadir dengan layar sentuh, desain sederhana, kecil, dan praktis, serta prosesor yang dapat diandalkan. Asus Eee Top dapat anda pertimbangkan untuk menggantikan PC lama anda yang sudah terlalu lamban.

Tidak ada komentar:
Write komentar