e

Kamis, 19 November 2009

ASUS UL30A

 

ASUS UL30A
"Review ASUS UL30A"
Written on 17 Nov 2009 by Febryanto
Source: Kassa9



Perkenalan
ASUS baru saja mengeluarkan produk terbarunya yang berada pada jajaran UL Series, jajaran produk ASUS dalam UL Series (Ultra Low Cost Series) dirancang sedemikan rupa agar harga jualnya menjadi murah. ASUS UL30A menggunakan prosesor Intel Ultra-Low Voltage (ULV), layar berukuran 13.3-inchi, daya tahan battery yang dapat bertahan hingga 10 jam, dan bahan materi berkualitas.
Desain

Desain ASUS UL30A terlihat hampir sama dengan notebook ASUS lainnya yang juga menggunakan prosesor ULV. Desainnya terlihat minimalis namun tetap terlihat bagus dan tidak terkesan murahan. ASUS UL30A terbuat dari bahan aluminum yang mana tidak akan kotor karena sidik jari anda jika anda sering menyentuhnya. Pada bagian atas keyboard tidak terdapat tombol multimedia, hanya terdapat dua buah tombol kecil yang yang terletak pada sisi kiri dan kanan yang berguna untuk mengaktifkan OS Express Gate atau mengganti profile daya batery.
Keyboard ASUS UL30A berwarna hitam dan terdapat jarak antar tombol yang mana memudahkan penggunaan tombol. Dibawah keyboard terdapat touchpad berukuran 1.8 x 3.0-inchi.

Pada sisi bawah touchpad terdapat lampu indikator yang menujukan status battery, status hardisk, dan status Wi-Fi. ASUS UL30A hadir dengan dimensi 32.2 x 23.3 x 1.48 cm dan berat 1.50 kg termasuk battery.
Keyboard dan Touchpad


Tombol ASUS UL30A dapat merespon dengan baik saat ditekan dan kami dapat mengetik lebih cepat dengan menggunakan keyboardnya. Tombol Shift sebelah kanan berukuran lebih kecil dari tombol Shift sebelah kiri namun tetap mudah untuk digunakan. Pada sisi kanan keyboard terdapat tombol Home, End, Page Up/Down, dan Delete seperti keyboard pada PC.

Dibawah keyboard terdapat touchpad yang tidak terlihat, namun tetap mudah untuk digunakan saat ujicoba. Touchpad ASUS UL30A sudah mendukung scrolling dengan dua jari dan gerakan multitouch. Dibawah touchpad terdapat satuh buah tombol yang berfungsi untuk menggantikan tombol pada mouse.
Layar dan Audio

ASUS UL30A menggunakan layar berukuran 13.3-inchi yang kaya akan warna dengan resolusi 1366 x 768-pixel. Layar ASUS UL30A terlihat agak mengkilap namun tetap mudah dilihat.

Saat kami menggunakan ASUS UL30A untuk memutar video streaming dari situs Hulu untuk memutar video HD, layar terlihat kurang tajam. Ini berarti ASUS UL30A kurang cocok digunakan untuk menonton video HD.
Suara yang keluar dari speaker ASUS UL30A terdengar cukup kencang apabila anda memutarnya di kamar. Suara dengan tingkat volume 50 persen sudah terdengar cukup kencang. Saat suara diatur pada tingkat volume 100 persen suara terdengar agak pecah.

Port dan Webcam



Pada sisi kiri ASUS UL30A terdapat port HDMI, port VGA, dan port USB. Pada sisi kanan terdapat port Ethernet, lubang headphone, mikrofone, dua buah port USB, dan card reader 5-in-1. Tidak terdapat pembaca CD pada ASUS UL30A ini dikarenakan ukurannya yang cukup tipis.

Pada bagian atas layar terdapat kamera webcam beresolusi 0.3-megapixel. Saat kami mencobanya untuk melakukan panggilan video via Skype, kamera tidak dapat menampilkan objek dengan kedalaman warna yang cukup baik. Selain dapat digunakan untuk melakukan panggilan video, kamera dapat digunakan untuk memotret juga.

Performa

ASUS UL30A yang kami miliki menggunakan prosesor ULV Intel Core 2 Duo SU7300 1.3-GHz, RAM sebesar 4GB, dan OS Windows Vista Home Premium (32-bit), yang mendapatkan nilai sebesar 2,442 poin pada ujicoba PCMark Vantage. Nilai yang didapatkan oleh ASUS UL30A 300 poin dibawah nilai notebook sekelasnya.



ASUS UL30A menggunakan hardisk sebesar 320GB dengan kecepatan putaran 5,400-rpm. Pada ujicoba LAPTOP Transfer Test (memindahkan file sebesar 4.97GB dari berbagai file dan folder), hardisk ASUS UL30A dapat melakukannya dalam waktu hanya 3 menit 39 detik. Kecepatan rata-rata-nya 23.2 MBps, ini hampir 4.0 MBps diatas rata-rata kecepatan hardisk notebook sekelasnya.

ASUS UL30A membutuhkan waktu 1 menit 16 detik untuk mengaktifkan OS Windows sampai benar-benar siap untuk digunakan.



Secara keseluruhan, performa ASUS UL30A dapat diandalkan jika anda menggunakan notebook hanya untuk mengerjakan pekerjaan kantor.
Kartu Grafik

ASUS UL30A menggunakan kartu grafik Intel GMA X4500MHD. Kartu grafik ASUS UL30A kurang mengesankan kami saat digunakan untuk menonton video HD, kartu grafik ASUS UL30A hanya mendapatkan nilai sebesar 760 poin. Saat ASUS UL30A diujicoba untuk mengkoversi file MPEG berukuran 114MB ke format AVI menggunakan software HandBrake, ASUS UL30A membutuhkan waktu 10 menit 55 detik. Ini lebih cepat 4 menit 30 detik dari waktu yang dibutuhkan oleh notebook sekelasnya.



Selain itu saat diujicoba untuk memainkan game bergrafik tinggi seperti Far Cry 2, layar dapat menampilkan gambar dengan kecepatan 5fps saat menggunakan resolusi 1024 x 768-pixel. Saat menggunakan resolusi 1366 x 768 pixel layar hanya dapat menampilkan gambar dengan kecepatan 2fps.
Wireless dan Battery

ASUS UL30A menggunakan Intel WiFi Link 5100 wireless N yang dapat mengantarkan data dengan kecepatan 23.8 Mbps pada jarak 15 kaki dari router kami. Rata-rata kecepatan data wireless ASUS UL30A adalah 19.4 Mbps.



ASUS UL30A yang miliki menggunakan battery 8 sel yang mampu bertahan hingga 12 jam menurut ASUS. Saat kami ujicoba pada ujicoba LAPTOP Battery Test (browsing via Wi-Fi), battery dapat bertahan hingga 9 jam 55 menit. Daya tahan battery ASUS UL30A sangat baik untuk sebuah notebook. Daya tahan battery ASUS UL30A diatas daya tahan battery Acer Timeline Series yang hanya mampu bertahan hingga 8 jam.



Anda dapat mengganti profile battery dengan menggunakan tombol yang berada diatas keyboard sebelah kiri. Terdapat beberapa pilihan profile seperti High Performance, Entertainment Mode, Quiet Office, dan Battery Saver.

Software dan Garansi


ASUS UL30A dilengkapi dengan garansi lokal dan garansi internasional selama 2 tahun penuh. Selain itu terdapat garansi battery selama 1 tahun jika battery anda rusak sebelum 1 tahun pemakaian notebook.
Opsi Upgrade


ASUS UL30A yang kami miliki menggunakan prosesor ULV Intel Core 2 Duo SU7300. Terdapat varian ASUS UL30A lainnya yang menggunakan prosesor 1.4-GHz Intel Core 2 Solo, hardisk sebesar 320GB, dan RAM sebesar 4GB.
Kata Penutup


Produk ASUS ULV Series selalu memiliki ciri daya tahan battery yang tahan lama dan harga yang terjangkau. Ini lebih dari cukup jika digunakan hanya untuk mengerjakan pekerjaan kantoran anda, namun untuk bermain game rasanya kurang memuaskan.

Tidak ada komentar:
Write komentar