e

Kamis, 19 November 2009

Asus UX50V 15.6in CULV

 

Asus UX50V 15.6in CULV
"Review Asus UX50V 15.6in CULV"
Written on 3 Aug 2009 by Febryanto
Source: Kassa9


Perkenalan
Tampaknya perhatian dunia sekarang sedang tertuju pada ASUS Eee PC 1008HA Seashell. Walaupun demikian ASUS tetap mengeluarkan notebook terbarunya yang mana juga berdesain tipis seperti 1008HA Seashell. ASUS UX50V menggunakan prosesor terbaru dari Intel yang dinamakan dengan Intel CULV (consumer ultra-low voltage) yang mana sangat rendah dalam mengkonsumsi daya battery.




Bagian tertipis UX50V memiliki ukuran 32.8mm yang mana membuatnya tampak terlihat tipis. Bagian luar UX50V terlihat berwarna hitam mengkilap yang mana membuatnya mudah kotor karena sidik jari.

Desain bagian dalam UX50V terkesan minimalis dan terdapat perpaduan warna hitam mengkilap pada touchpad. UX50V menggunakan layar berukuran 15.6 inchi yang mana dikelilingi oleh frame berwarna hitam. Pada bagian atas layar terdapat kamera webcam yang dilengkapi dengan mikrofone.




Pada bagian atas keyboard terdapat tombol power dan tombol OS Instant yang berukuran kecil namun mudah untuk digunakan. Tombol OS Instant dapat digunakan untuk menghidupkan notebook dalam waktu singkat yang mana OS Instant ini menggunakan OS Linux. OS Intant tidak dapat digunakan untuk membuka semua program, ini hanya dapat digunakan untuk membuka program seperti browsing Internet, Skype, memainkan musik dan melihat foto.

Tombol UX50V terlihat seperti tombol Apple MacBook yang mana terdapat jarak antara tombol satu dengan tombol lainnya. Tombol UX50V dilengkapi dengan lampu latar berwarna putih yang mana membuatnya mudah digunakan saat kondisi cahaya gelap. UX50V juga dilengkapi dengan sensor yang mana berguna untuk mengatur tingkat cahaya pada layar.




Kami tidak mendapatkan kesulitan saat menggunakan keyboard UX50V. Tombol terasa memiliki respon yang baik saat kami menekan tombol. Tombol Return dan tombol Shift memiliki ukuran yang lebih sehingga lebih mudah untuk digunakan. Pada sisi kanan keyboard terdapat tombol alfanumerik yang berukuran lebih kecil namun tetap mudah untuk digunakan.



Pada bagian bawah keybord terdapat touchpad yang dikelilingi ‘hand-rest’ berwarna hitam yang terlihat mengkilap. Touchpad berukuran besar dan mudah untuk digunakan karena permukaan touchpad terasa kesat saat digunakan. Pada bagian bawah touchpad terdapat tombol yang berfungsi untuk menggantikan tombol mouse. Tombol touchpad dapat digunakan dengan baik walaupun hanya menggunakan satu tombol berwarna krome.

Port dan Layar
UX50V sudah dilengkapi dengan optikal drive. Untuk mengeluarkan CD anda dapat menggunakan tombol ‘eject’ yang terdapat dibawah optikal drive.




UX50V dilengkapi dengan banyak port yang terletak pada kedua sisinya seperti lubang headphone dan jack mikrofone, tiga port USB, port HDMI dan port VGA untuk video, serta jack Gigabit Ethernet. UX50V juga sudah dilengkapi dengan card reader untuk membaca kartu memory anda.



Untuk urusan audio, UX50V menggunakan speaker Altec Lansing SRS yang mana terdapat pada bagian bawah notebook. Suara speaker terdengar cukup keras dan baik pada volume maksimal.



UX50V menggunakan layar beresolusi 1,366 x 768 pixel berukuran 15.6 inchi yang dilengkapi dengan lampu latar berteknologi LED yang mana membuat layar tampak terlihat terang dan jernih.




Untuk urusan prosesor, ASUS sudah menanamkan prosesor Intel Core 2 Solo SU3500 1.4GHz. Prosesor UX50V memang tergolong lambat bila dibandingkan dengan prosesor notebook sekelasnya namun prosesor UX50V tetap lebih baik bila dibandingkan dengan prosesor Intel Atom.




Untuk masalah grafik, UX50V sudah dilengkapi dengan kartu grafik Intel GMA 4500M HD dan Nvidia GeForce G105M yang mana dapat menggunakannya secara bergantian. Penggunan kartu grafik Intel sudah cukup baik saat kami menggunakan UX50V untuk melakukan browsing ataupun mengerjakan dokumen office. Untuk bermain game anda bisa menggunakan kartu grafik Nvidia GeForce G105M yang mana sudah cukup baik untuk memainkan sebuah game saat kami ujicoba.



UX50V menggunakan RAM DDR2 sebesar 4GB, hardisk sebesar 320GB (dapat diupgrade hingga 500GB), Wi-Fi Draft-N dan Bluetooth v2.1+EDR. UX50V sudah dilengkapi dengan battery bertipe Lithium-Polymer 2,800mAh (41Wh) yang dikombinasikan dengan prosesor ULV yang mana membuat daya tahan battery semakin baik.

Kata Penutup


UX50V yang dijual seharga Rp.11.000.000-an akan bersaing ketat dengan Acer Timeline yang mana dijual dengan harga mulai dari Rp.9.000.000-an yang juga memiliki desain tipis.

Tidak ada komentar:
Write komentar