e

Sabtu, 21 November 2009

Lenovo IdeaPad U110

 

Lenovo IdeaPad U110
"Review Lenovo IdeaPad U110"
Written on 11 Jun 2009 by Febryanto
Source: Laptop Mag


Perkenalan
Lenovo baru saja mengeluarkan notebook terbarunya yang dilengkapi dengan desain mewah. Lenovo IdeaPad U110 berukuran berat 2.9 pon dengan balutan warna merah cherry yang terlihat mencolok. U110 memang terlihat berbeda dengan notebook lain sekelasnya. U110 terlihat menyita perhatian orang-orang sekitar kami saat kami menggunakannya. U110 sudah bisa anda dapatkan dipasaran dengan harga mulai dari $1,899. Bagian luar U110 dilengkapi dengan gambar pola berbentuk bunga yang membuatnya terlihat semakin mewah. Bila bagian luar U110 dilengkapi dengan balutan pola berbentuk bunga, bagian dalam U110 dibalut dengan warna hitam yang terlihat mengkilap disertai dengan lampu latar LED pada keyboardnya, serta kamera pengenal muka yang membuatnya terkesan semakin berkelas.
Desain

Jika melihat dari segi desain, maka U110 akan menjadi saingan bagi ASUS U2E yang dikeluarkan dengan harga $2,699. Keduanya terlihat fashionable dan cocok untuk mengikuti pameran fashion kelas dunia. Bagian dalam U110 yang terlihat mengkilap mudah kotor karena sidik jari, oleh karena itu Lenovo menyertakan kain pembersih yang terbuat dari mikrofiber berkualitas tinggi agar anda mudah membersihkan bagian yang mengkilap pada bagian dalam U110.

U110 memiliki dimensi 10.8 x 7.7 x 0.72 inchi (bagian yang tertipis dari U110 lebih tipis 0.04 inchi dari bagian yang tertipis pada MacBook Air). Pada kotak penjualan U110 terdapat sebuah tas notebook yang berguna untuk membawa U110 kemanapun anda bepergian. Dengan berat 2.9 pon termasuk battery 7 sel, U110 termasuk ringan untuk sebuah notebook. Untuk melengkapi perjalanan bisnis anda, Lenovo juga menyertakan charger yang berukuran kecil, dimensi charger hanya 4.0 x 2.0 x 0.5 inchi dan berukuran ringan, yaitu hanya 0.6 pon.
Untuk mendukung bisnis anda, pada U110 terdapat banyak Port seperti Optical Drive DVD±RW, tiga buah Port USB, Port FireWire, card readaer 6-in-1, slot ExpressCard, Port VGA, LAN, dan Port Ethernet.
Keyboard dan Touchpad

Keyboard Lenovo IdeaPad U110 tergolong besar dan nyaman saat kami gunakan. Tombol U110 yang terlihat mengkilap terkadang terasa licin saat kami gunakan, anda harus sering membersihkan tombol U110 jika anda sering menggunakannya. Tombol U110 terlihat berbentuk datar namun tetap responsif saat kami gunakan untuk melakukan pengetikan dengan sepuluh jari. Dibawah keyboard terdapat touchpad yang terlihat mengkilap dan juga terasa sedikit licin saat kami gunakan. Walaupun sedikit licin , touchpad tetapu mudah untuk digunakan karena berukuran cukup besar. Kami tidak memiliki masalah saat kami menggunakan Mouse Bluetooth pada U110.




Diatas keyboard terdapat tombol sentuh yang berguna untuk kepentingan multimedia, tombol ini dilengkapi dengan lampu latar berteknologi LED berwarna orange. Terdapat beberapa tombol sentuh pada bagian atas keyboard seperti tombol kontrol Dolby, dua buah tombol akses pintas yang dapat anda gunakan, dan tombol volume. Dua tombol akses pintas kami gunakan sebagai tombol akses pintas ke menu Firefox dan Microsoft Word. Saat kami tekan, program dapat terbuka dengan cepat dan responsif.

Layar

IdeaPad U110 dilengkapi dengan layar berukuran “11.1” inchi yang terlihat mengkilap. Layar terlihat datar dan menyatu dengan frame berwarna hitam yang juga terlihat mengkilap. Layar U110 menggunakan lampu latar berteknologi LED yang membuatnya terlihat terang saat kami gunakan. Lampu LED juga memiliki keunggulan pada konsumsi daya battery yang rendah.

Dengan layar beresolusi 1366 x 768-pixel, gambar yang ditampilkan oleh layar terlihat detil dan kaya akan warna. Ini terlihat saat kami menonton video secara streaming berjudul The Girl Next Door pada website Hulu.com.
Tata Suara Dolby

U110 dilengkapi dengan speaker Dolby Home Theatre, kedua speaker terletak disamping engsel. Saat kami menonton video The Girl Next Door, suara yang keluar dari speaker terdengar keras. Tetapi saat kami memainkan lagu dengan format MP3 berjudul Iron and Wine’s yang dibawakan oleh The Trapeze Swinger, suara terdengar kecil walaupun tingkat suara sudah kami setel pada tingkat tertinggi. Jika anda ingin mendengarkan suara lebih baik, anda dapat menggunakan headphone favorit anda. Kualitas audio tergolong baik saat kami melakukan panggilan VoIP via Skype, suara terdengar cukup keras saat kami mendengarkannya dalam jarak beberapa kaki dari U110. Saat berbicara via Skype, kami menggunakan kamera webcam beresolusi 1.3-megapixel yang terdapat diatas layar. Lawan bicara kami dapat melihat wajah kami dengan jelas dan tanpa masalah saat kami melakukan panggilan.
Sistem Pengenal Wajah

Kamera webcam yang terdapat diatas layar juga dapat digunakan untuk melakukan pengenalan wajah. Lenovo melengkapi U110 dengan software pengenal wajah Lenovo VeriFace. Ini ditujukan untuk keamanan U110 anda selain menggunakan password untuk proteksi keamanan utama.

Performa

Saat kami mencoba menghidupkan U110, performanya tergolong lama, yaitu 1 menit 2 detik dan ini tergolong lama untuk sebuah notebook baru. Walaupun waktu saat mengaktifkan notebook tergolong lama, tetapi saat kami membuka program seperti Adobe Reader, Internet Explorer, dan Windows Media Player hanya membutuhkan waktu maksimal 2 detik saja. U110 dilengkapi dengan prosesor 1.6-GHz Intel Core 2 Duo L7500 dan RAM sebesar 2GB yang mendapatkan skor sebesar 134 poin pada ujicoba MobileMark 2007, yang mana ini lebih besar 37 poin dari notebook sekelasnya.

Pada ujicoba 3DMark03, U110 mendapatkan nilai sebesar 1,723 poin, yang mana U110 mendapatkan 364 poin lebih banyak dari notebook sekelasnya. Untuk masalah grafik, Lenovo melengkapi U110 dengan kartu grafik Intel X3100. Kartu grafik buatan Intel ini memiliki performa yang sangat baik. Ini sudah kami buktikan saat melakukan streaming video dan audio serta bermain game bergrafik berat, yaitu Second Life.

U110 yang kami miliki dilengkapi dengan hardisk sebesar 120GB. Lenovo akan mengeluarkan hardisk berjenis SSD pada beberapa bulan kedapan.

Daya Tahan Battery dan Performa Wi-Fi

Lenovo menyertakan battery empat sel dan tujuh sel dalam kota penjualan IdeaPad U110. Batery empat sel hanya dapat bertahan hingga 2 jam, sedangkan battery tujuh sel dapat bertahan hingga 4 jam 43 menit saat kami ujicoba browsing via Wi-Fi. Saat kami menonaktifkan Wi-Fi, batery dapat bertahan hingga 5 jam 9 menit. Performa battery U110 tergolong sangat baik untuk sebuah notebook.

Jika anda ingin lebih menghemat daya battery, anda dapat menekan tombol Novo yang akan menampilkan aplikasi EnergyCut yang berguna untuk lebih menghemat daya battery. Pada aplikasi ini terdapat manajemen pengaturan daya battery seperti High Performance, Balanced, Power Saver, dan Quiet Mode. Jika anda menggunakan Power Saver, battery dapat bertahan hingga 20 sampai 30 lebih lama.

Wi-Fi yang terdapat pada U110 dapat bertukar data dengan kecepatan 19.1 Mbps pada jarak 15 kaki dan 4.2 Mpbs pada jarak 50 kaki dari router kami.

Software dan Garansi

Lenovo melengkapi U110 dengan OS Windows Vista Home Premium, Windows Live Portal, serta Norton AntiVirus 2007 dan Microsoft Office 2007 versi ujicoba yang dapat anda gunakan selama 90 hari. Pada U110 juga sudah terdapat program seperti CyberLink Power2Go untuk menulis DVD dan Lenovo one-stop media Shuttle Center. Lenovo melengkapi U110 dengan garansi selama satu tahun.
Kata Penutup

IdeaPad U110 hadir dengan desain artistik dan mewah yang membuatnya terkesan seperti notebook kelas atas. Desain artistik dan mewah yang terdapat pada U110 didukung dengan performanya yang sangat memadai untuk sebuah notebook. Tidak hanya dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor anda, U110 juga dapat anda gunakan untuk bermain game.

Tidak ada komentar:
Write komentar