e

Sabtu, 21 November 2009

Lenovo IdeaPad Y530 (40512AU)

 

Lenovo IdeaPad Y530 (40512AU)
"Review Lenovo IdeaPad Y530 (40512AU)"
Written on 12 Jun 2009 by Febryanto
Source: Laptop Mag


Perkenalan
Beberapa waktu lalu Lenovo baru saja mengeluarkan notebook terbarunya yang disegmentasikan sebagai notebook multimedia. Untuk mendukung performa multimedia yang terdapat pada IdeaPad Y530, Lenovo melengkapinya dengan layar yang berperforma baik yang dapat menampilkan gambar dengan tingkat kejernihan dan warna yang sangat tajam. Tidak hanya pada layar, Lenovo juga menanamkan speaker buatan Dolby yang dapat mengeluarkan suara dengan sempurna. Y530 dilengkapi dengan prosesor Intel Centrino 2 terbaru yang performanya telah ditingkatkan.

Desain dan Rancangan Lenovo IdeaPad Y530

Y530 memiliki berat 6.6-pon yang termasuk ringan bila dibandingkan dengan notebook lain sekelasnya. Layar Y530 dikelilingi oleh frame berwarna hitam yang terlihat mengkilap dan membuatnya semakin terlihat elegan. Y530 berdimensi 14.2 x 10.3 x 1.4 inchi yang membuatnya terlihat lebih tebal dari notebook lain sekelasnya.

Keyboard Y530 terlihat rata dengan badan notebook. Tombol keyboard terasa halus saat kami sentuh, perpaduan warna hitam dan abu-abu serta tombol media berwarna orange yang dilengkapi dengan lampu latar berteknologi LED membuatnya terkesan semakin mewah. Dibawah keyboard terdapat touchpad yang sangat baik serta responsif saat kami gunakan.

Tombol yang terdapat pada keyboard berukuran cukup besar dan mudah digunakan saat kami melakukan pengetikan dengan menggunakan 10 jari. Kami tidak mendapatkan masalah yang berarti pada keyboard Y530.
Tombol Media



Diatas keyboard terdapat tombol multimedia yang dapat digunakan dengan sentuhan lembut. Tombol Shuttle terdapat pada sisi kanan, pada sisi kiri terdapat tombol untuk mengakses menu musik.

Layar dan Speaker

Y530 dilengkapi dengan layar sebesar 15.4-inchi beresolusi 1280 x 800 pixel yang menggunakan bahan kaca. Saat layar dalam keadaan nonaktif, layar terlihat sangat mengkilap. Kami mencoba memutar DVD berjudul Eragon pada Y530, gambar yang ditampilkan terlihat sangat baik, ketajaman warna dan tingkat kecerahan layar patut diberi acungan jempol. Layar Y530 tidak menggunakan aspek rasio 16:9, jadi saat kami menonton DVD kami masih melihat adanya garis hitam dibawah dan diatas layar. Selain itu, saat kami melihat layar pada sudut-sudut tertentu, layar tidak dapat menampilkan gambar sebaik saat kami melihatnya dari depan. Kami lebih menyukai menonton DVD menggunakan TV layar lebar dengan mengububungkan kabel TV-out menggunakan Port HDMI (HDCP) yang terdapat pada Y530.

Y530 dilengkapi dengan empat buah speaker Dolby Home Theater yang terletak diatas keyboard dan satu buah subwoofer yang terletak dibawah notebook. Suara yang dihasilkan oleh Y530 sangat jernih dan keras, suara Bass terdengar cukup kuat saat kami memutar lagu dengan suara Bass yang berdentum-dentum.




Y530 dilengkapi dengan tiga buah Port USB 2.0, Port HDMI, S-Video, VGA, FireWire, Ethernet, modem, lubang headphone, dan jack mikrofone. Port USB dan Port HDMI terletak pada sisi kiri Y530. Selain itu, Y530 juga dilengkapi dengan slot ExpressCard dan card reader 6-in-1.


Lenovo Y530 dilengkapi dengan hardisk sebesar 250GB yang dibagi dalam dua partisi hardisk. Pada drive C anda dapat menyimpan program dan aplikasi, pada drive D anda dapat menyimpan data personal anda.
Webcam dan Sistem Pengenal Wajah

Y530 dilengkapi dengan kamera webcam beresolusi 1.3-megapixel. Kami menggunakan software Lenovo EasyCapture, saat kami melakukan panggilan video, lawan bicara kami tidak memiliki masalah dan dapat melihat wajah kami dengan baik. Saat terjadi gerakan, gambar yang ditampilkan sedikit kabur tetapi ini tidak terlalu menjadi masalah. Kamera webcam dapat digunakan sebagai sistem pengenal wajah, sistem ini dapat berjalan dengan menggunakan software pengenal wajah Lenovo Veriface.

Performa

Y530 dilengkapi dengan prosesor 1.66-GHz Intel Core 2 Duo P7350 dan RAM sebesar h 2GB (dapat ditambahkan sampai dengan 4GB). Prosesor yang terdapat pada Y530 mendapatkan skor 3,020 point pada ujicoba PCMark Vantage, skor yang didapatkan prosesor Y530 142 poin dibawah notebook sekelasnya. Walaupun demikan, saat kami melakukan multitasking kami tidak mendapatkan masalah. Kami melakukan multitasking dengan membuka beberapa aplikasi seperti membuka Microsoft Word, Browsing via Internet Explorer 8, dan memutar DVD.

Untuk kartu grafik, Y530 dilengkapi dengan kartu grafik sekelas Nvidia GeForce 9300M dengan memory sebesar 256MB. Kartu grafik hanya mendapatkan skor sebesar 5,165 poin pada ujicoba 3DMark03, yang mana 180 poin dibawah skor notebook sekelasnya. Kartu grafik yang terdapat pada Y530 tidak terlalu baik saat kami mencoba memainkan game pada Y530.

Saat kami memainkan game F.E.A.R. dengan resolusi 800 x 600 pixel, layar dapat menampilkan gambar dengan kecepatan 54 frame per detik. Saat kami mengatur layar dengan resolusi maksimal 1024 x 768 pixel, kecepatan frame berkurang menjadi 16 frame per detik. Saat kami memainkan game DOTA dengan resolusi layar 1024 x 768 pixel, layar dapat menampilkan frame dengan kecepatan 59.6 frame per detik.

Y530 dilengkapi dengan hardisk sebesar 250GB dengan kecepatan 5,400-rpm yang sangat mengesankan saat kami melakukan ujicoba LAPTOP Transfer test. Kami mencoba memindahkan data sebesar 4.97GB dari berbagai file dan folder, Y530 dapat melakukannya dalam waktu 4 menit 27 detik dengen kecepatan rata-rata 19.1 MBps. Ini berari 3 MBps lebih cepat dari notebook sekelanya. Saat kami mencoba mengaktifkan notebook yang dilengkapi dengan OS Vista ini, notebook dapat diaktfikan dalam awktu hanya 55 detik.
Wireless dan Daya Tahan Batery

Y530 dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11n yang dapat mentransfer data dengan kecepatan diatas rata-rata notebook sekelasnya. Saat kami mengubungkan Y530 dengan router kami yang berjarak 15 kaki, data dapat ditransfer dengan kecepatan 20.7 Mbps (notebook sekelasnya hanya 18.1 Mbps), dan pada jarak 50 kaki data dapat ditransfer dengan kecepatan 18.2 Mbps (notebook sekelasnya hanya 15.4 Mbps). Saat kami menonton video streaming dari website Hulu.com, video dapat ditampilkan tanpa jeda dan berjalan dengan sempurna.
Y530 dilengkapi dengan battery enam sel yang dapat bertahan hingga 3 jam 35 detik saat kami ujicoba. Untuk lebih menghemat daya battery, anda dapat melakukan pengaturan menggunakan software Lenovo Energy Management. Terdapat empat pengaturan pada software Lenovo Energy Management, yaitu : High Performance, Balanced, Power Saver, dan Super Energy Saver. Jika anda menggunakan Mode Power Saver, anda dapat menghemat daya battery sampai dengan 20 persen.

Software dan Garansi

Y530 dilengkapi dengan sofware pengenal wajah Veriface, Energy Management, dan One Key Recovery. Selain itu, Y530 juga dilengkapi dengan software EasyCapture yang dapat membantu anda melakukan pengambilan foto dan merekam video menggunakan webcam yang terdapat diatas layar. Tidak hanya itu, Y530 juga dilengkapi dengan software free-trial Norton AntiVirus dan Microsoft Office 2007 selama 90 hari, dan CyberLink DVD-Burning Power2Go. Lenovo melengkapi Y530 dengan garansi selama satu tahun penuh.
Kata Penutup

Notebook dengan performa multimedia berlayar sebesar 16 inchi buatan Lenovo ini dibanderol dengan harga $949. Y530 memang diciptakan untuk meng-entertainment diri anda, ini terlihat dari layar dengan performa baik serta sistem tata suara buatan Dolby yang sudah tertanam pada Y530. Sayangnya, sebagai notebook entertainment Y530 tidak dilengkapi dengan layar beraspek rasio 16:9.

Tidak ada komentar:
Write komentar