e

Kamis, 19 November 2009

Toshiba NB200-10Z - 10.1in Netbook

 

Toshiba NB200-10Z - 10.1in Netbook
"Review Toshiba NB200-10Z - 10.1in Netbook"
Written on 1 Jul 2009 by Febryanto


Perkenalan
Toshiba baru saja mengeluarkan netbook terbarunya yang memiliki desain minimalis. Netbook terbaru dari Toshiba ini dikeluarkan untuk anda yang memiliki budget terbatas tetapi menginginkan sebuah netbook demi menunjang kinerja anda sebagai profesional muda. Untuk menciptakan Toshiba NB200, Toshiba bekerjasama dengan Microsoft dan Intel.




Toshiba NB200 menggunakan layar “10” inchi beresolusi 1,024 x 600 pixel yang mana juga digunakan oleh banyak netbook lain sekelasnya. Toshiba NB200 dijual dengan harga mulai dari 300 Euro, untuk Toshiba NB200 yang berwarna cokelat satin, Toshiba menjualnya seharga 349 Euro.

Toshiba NB200 dilengkapi dengan Prosesor Intel Atom N280 1.66GHz, RAM sebesar 1GB, dan hardisk sebesar 160GB. Untuk konektivitas, Toshiba NB200 dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11g, Bluetooth, dan Port Ethernet 10/100.
Untuk mengamankan data anda dari kerusakan hardisk, Toshiba melengkapi NB200 dengan hardisk bertipe SSD dan G-Sensor yang mana dapat menahan guncangan dengan daya tahan yang sangat baik. Walaupun hardisk SSD tahan terhadap guncangan tetapi SSD juga memilik kelemahan seperti kapasitas penyimpanan yang sangat terbatas.

Pada sisi kiri NB200 terdapat Port USB yang dapat digunakan sebagai pengisi batery iPod anda ataupun peralatan elektronik lainnya dengan menggunakan kabel data. Sebagai informasi, tidak semua netbook dilengkapi dengan fasilitas ini.

Selain itu, pada sisi kiri juga terdapat Port VGA, jack line-in dan line-out, Port Ethernet, dan Port USB. Pada sisi kanan NB200 terdapat dua buah Port USB, lubang power, dan slot pengunci. Pada bagian depan NB200 terdapat pembaca kartu SD.

Desain dan Penggunaan


Desain NB200 terlihat minimalis dan sederhana. Tetapi sebenarnya untuk netbook seharga 300 Euro desain NB200 tergolong bagus jika anda bandingkan dengan netbook lain sekelasnya yang memiliki harga lebih mahal dari NB200.




Bagian luar NB200 terbuat dari bahan plastik berwarna cokelat yang membuatnya terkesan elegan. Bagian luar NB200 terlihat terbuat dari bahan berkualitas dan terasa kokoh saat kami sentuh.

Warna cokelat berlanjut pada bagian dalam NB200 yang terlihat pada sekliling layar. Pada bagian keyboard Toshiba memberikan sentuhan warna silver yang terlihat kontras dengan frame layar.


Keyboard dan Touchpad


Tombol pada keyboard NB200 terlihat memiliki jarak antara tombol satu dengan tombol lainnya. Tombol NB200 terlihat sedikit menonjol keluar dan tidak rata sehingga mudah untuk digunakan untuk melakukab pengetikan saat kami ujicoba.

Walaupun keyboard NB200 tidak berukuran besar, namun Toshiba tetap melengkapi NB200 dengan tombol F1-F12. Secara keseluruhan kami tidak mendapatkan masalah saat menggunakan keyboard NB200.



Dibawah keyboard terdapat touchpad yang berukuran besar dan mudah untuk digunakan. Dibawah touchpad terdapat dua buah tombol yang berguna untuk menggantikan tombol yang terdapat pada mouse. Kami tidak mendapatkan masalah saat menggunakan kedua tombol touchpad.

Layar dan Audio


Layar Toshiba NB200 adalah salah satu layar terbaik yang pernah kami lihat dari berbagai netbook yang pernah kami ujicoba. Layar terlihat sangat baik saat menampilkan warna hitam, tingkat kecerahan layar dan kedalaman warna juga terlihat baik pada layar NB200.




Dibawah keyboard terdapat speaker yang terdengar kecil saat mengeluarkan suara. Kami sudah mengatur speaker pada volume maksimal namun suara tetap terdengar kecil saat kami memutar lagu. Untuk mendengarkan lagu dengan suara yang lebih baik anda dapat menggunakan speaker aktif ataupu headphone.
Daya Tahan Batery

NB200 menggunakan batery berkapasitas 63 Watt. Batery terlihat cukup besar dan cukup berat saat kami timbang. Dengan menggunakan batery, NB200 memiliki berat 1.3 kg yang mana tergolong cukup berat bagi sebuah netbook.




Saat kami ujicoba untuk memutar video, batery NB200 dapat bertahan hingga 8 jam dengan catatan Wi-Fi dinonaktifkan dan brightness diatur pada kedalaman 50 persen. Saat kami ujicoba batery untuk melakukan browsing menggunakan modem 3G batery dapat bertahan hingga 6 jam.
Panas dan Gangguan

Saat kami gunakan NB200 untuk menyelesaikan pekerjaan kantor dalam jangka waktu lama, bagian bawah NB200 tetap terasa dingin. Tetapi saat kami gunakan NB200 untuk memutar DVD bagian bawah NB200 terasa agak panas bila dibandingkan dengan saat kami menggunakannya untuk menyelesaikan pekerjaan kantor.
Kata Penutup

Toshiba NB200 merupakan tawaran menarik untuk anda yang sedang membutuhkan netbook dengan harga yang terjangkau. Dengan harga 300 Euro, anda sudah dapat memiliki NB200 yang dapat menunjang kinerja anda.

6 komentar:
Write komentar
  1. ah nb200 kibul itu saya rusak 2x produk jelek

    BalasHapus
  2. kalo bisa dishared dunk..
    knp sampai bisa rusak 2 kali??
    kendalanya apa???

    BalasHapus
  3. sama gw juga rusak masa blom 1 thn board dah rusak

    BalasHapus
  4. netbook nb200 sy kenapa volumenya kecil sekali ya?padahal sudah sy maksimalkan sampai mentok, msh tetep aja bunyinya lemah.
    mohon pencerahannya bwt mas ngadmin..

    BalasHapus
  5. Nampaknya dari beberapa review dari kawan-kawan begitu banyak kekurangan..
    y inilah ciptaan manusia yang penuh dengan kekurangan. semoga diproduknya yang lain dapat lebih sempurna lagi y ^_^

    BalasHapus