e

Kamis, 19 November 2009

ASUS G51Vx

 

ASUS G51Vx
"Review ASUS G51Vx"
Written on 17 Nov 2009 by Febryanto
Source: Kassa9


Perkenalan
Kokoh dan tahan banting, itulah dua kata yang dapat menggambarkan notebook terbaru dari ASUS ini. ASUS G51Vx ini memang dibanderol dengan harga yang cukup mahal untuk sebuah notebook, namun harga mahal yang anda bayarkan untuk membawanya pulang akan setimpal dengan fitur dan performa yang terdapat didalamnya. ASUS G51Vx khusus diciptakan untuk anda yang suka bermain game karena notebook ini sangat “Powerfull”.
Desain

ASUS G51Vx hadir dengan dimensi 37.5 x 26.5 x 3.43 cm dan berat 3.3 kg termasuk battery 6 sel. Ukuran ASUS G51Vx memang tergolong berat untuk sebuah notebook saat ini, namun ASUS G51Vx memang notebook untuk game dan wajar saja jika ukurannya cukup berat karena komponen yang terdapat didalamnya juga ditingkatkan. Pada bagian luar ASUS G51Vx terdapat logo yang terinspirasi dari “Alien”, namun menurut pecinta game logo ini terlihat seperti logo Transformer. Desain ASUS G51Vx memang sengaja diciptakan sedemikian mungkin agar orang tahu bahwa ini adalah notebook yang diciptakan khusus untuk bermain game.

ASUS G51Vx menggunakan layar berukuran 15.6-inchi dan keyboard yang terlihat mengkilap. Dibawah keyboard terdapat penahan pergelangan tangan yang terbuat dari bahan karet agar nyaman ketika digunakan bermain game dalam waktu lama.

Keyboard dan Touchpad

Keyboard ASUS G51Vx berukuran besar dan terdapat beberapa tombol tambahan pada keyboard yang dapat anda gunakan sebagai tombol akses pintas saat bermain game. Pada sisi kanan keyboard terdapat tombol alfanumerik (num pad) yang dapat anda gunakan sebagai akses pintas saat bermain game. Keyboard ASUS G51Vx tetap terasa nyaman saat digunakan untuk melakukan pengetikan.



Tombol keyboard didesain untuk bermain game, ini dapat terlihat pada tombol WASD yang terdapat anak panah yang biasa digunakan untuk gerakan maju, mundur, kiri, dan kanan pada beberapa game shooting seperti Point Blank contohnya. Tombol alfanumerik 1 dan 6 yang terdapat pada bagian atas keyboard terdapat lingkaran yang berguna untuk mencegah kesalahan untuk menekan tombol alfaumerik. Biasanya tombol alfanumerik yang terdapat pada bagian atas keyboard berguna untuk mengganti senjata pada game shooting.

Diatas keyboard terdapat lubang speaker stereo buatan Altec Lansing. Pada bagian atas keyboard juga terdapat tombol visual untuk mengganti mode layar (Normal, Gamma Correction, Vivid, Theater, Soft), dan pengaturan daya battery (Office, High Performance, Battery Saving, Entertainment). Pada bagian atas keyboard sebelah kanan terdapat dua buah tombol, yaitu tombol Power dan tombol Express Gate (OS Instant).

Pada bagian bawah keyboard terdapat touchpad yang mudah untuk digunakan. Touchpad dikelilingi oleh frame yang terbuat dari alumunium bewarna silver yang membuatnya menjadi terkesan mewah. Dibawah touchpad terdapat dua buah tombol yang berguna untuk menggantikan tombol pada mouse.
OS Express Gate

Jika anda menekan tombol OS Express Gate (OS ini menggunakan OS Linux), maka layar akan menampilkan OS Linux dalam waktu 15 detik saja dari saat tombol OS Instant ditekan. Pada OS ini anda hanya dapat menggunakan beberapa program notebook saja seperti browser, galeri foto, IM, dan Skype.

Layar dan Audio

ASUS G51Vx menggunakan layar berukuran 15.6-inchi beresolusi 1366 x 768 pixel yang sangat cocok digunakan untuk bermain game. Terdapat dua pilihan varian ASUS G51Vx untuk di Indonesia, yang pertama dengan layar beresolusi 1366 x 768 pixel, yang kedua dengan layar beresolusi Full HD (1920x1080).

Layar ASUS G51Vx benar-benar terang dan jernih untuk kedalaman warna. Tidak terdapat masalah saat melihat layar dilihat pada sudut-sudut tertentu. Melihat layar dari sisi kiri, kanan, dan atas sangat baik sama seperti melihat layar dari arah depan.

ASUS G51Vx menggunakan speaker sekelas Altec Lansing yang sangat baik dalam mengeluarkan suara. Pada bagian bawah notebook terdapat subwoofer yang mengeluarkan suara cukup baik saat kami memainkan lagu upbeat. Suara speaker ASUS G51Vx sangat memuaskan, baik digunakan untuk bermain game ataupun mendengarkan lagu atau menonton video.
Port dan Webcam

Pada sisi kanan ASUS G51Vx terdapat optical drive 8X DVD±RW, port USB 2.0 sebanyak dua buah, lubang headphone, dan jack mikrofone. Pada sisi kiri ASUS G51Vx terdapat satu buah port USB, port FireWire 400, port eSATA, port HDMI, port VGA, ExpressCard/54, dan card reader 8-in-1. Pada bagian belakang terdapat port USB dan port Ethernet. Pada bagian belakang terdapat tombol switch Wi-Fi.

Pada bagian atas layar terdapat kamera webcam beresolusi 2.0-megapixel yang terlihat baik saat digunakan untuk melakukan panggilan video via Skype.

Performa Prosesor

ASUS G51Vx yang kami miliki menggunakan prosesor Intel Core 2 Quad Processor Q9000 2.0GHz dan RAM sebesar 4GB. Dengan penggunaan prosesor seperti demikian, performa ASUS G51Vx sangatlah mumpuni saat digunakan untuk bermain game bergrafik sangat berat sekalipun sekelas Dawn of War yang meminta RAM minimal sebesar 2GB untuk menjalankan game tersebut.



ASUS G51Vx menggunakan hardisk bertipe SATA dengan kapasitas 500GB dan kecepatan putaran 5,400-rpm.
Kartu Grafik

ASUS G51Vx menggunakan kartu grafik sekelas Nvidia GeForce GTX 260M yang mendapatkan nilai sebesar 8,756 poin pada ujicoba 3DMark06. Kartu grafik ASUS G51Vx mendapatkan nilai 2,600 poin lebih besar dari notebook sekelasnya. Saat diujicoba untuk memainkan game bergrafik tinggi seperti Mirror’s Edge dengan resolusi layar 1366 x 768, layar dapat menampilkan gambar dengan kecepatan 50 fps.




Saat memainkan game yang juga bergrafik tinggi seperti Far Cry 2, ASUS G51Vx dapat menampilkan gambar dengan kecepaatan 58 fps pada resolusi layar 1024 x 768 pixel. Saat menggunakan resolusi layar 1366 x 768, kecepatan gambar menurun menjadi 37 fps.



Saat diujicoba untuk mengkonversi video berukuran 114MB, beresolusi 640 x 480-pixel menggunakan software Handbrake, video dapat dikonversi dalam waktu 7 menit 32 detik saja.

Opsi Upgrade

ASUS menyediakan battery 6 sel dan 9 sel jika dirasa daya battery 4 sel ASUS G51Vx kurang baik. Selain itu juga terdapat pilihan hardisk sebesar 320GB dan 500GB serta dua pilihan ASUS G51Vx yang mana yang pertama menggunakan layar berukuran 15.6 inchi beresolusi HD (1366 x 768 pixel) dan yang kedua menggunakan layar berukuran 15.6 inchi beresolusi Full HD (1920 x 1080 pixel) dengan lampu latar berteknologi LED.

Kata Penutup

Harga jual ASUS G51Vx memang tergolong mahal, di Indonesia anda bisa membawa pulang ASUS G51Vx dengan harga US$ 1,865.00. Namun fitur dan performa yang terdapat pada ASUS G51Vx akan terasa setimpal dengan harga yang anda bayarkan untuk membawanya pulang.

1 komentar:
Write komentar