e

Sabtu, 26 Desember 2009

Dell Adamo,

 

Dell Adamo
"Dell Dell Adamo"
Written on 19 Nov 2009 by Febryanto
Source: Kassa9


Perkenalan

Setelah peluncuran MacBook Air beberapa tahun lalu, banyak sekali vendor laptop yang membuat laptop dengan desain yang tipis dengan ringan seperti MacBook Air, tidak terkecuali vendor sekelas Dell yang mengeluarkan Dell Adamo untuk menyaingi kesuksesan MacBook Air.

Perpaduan desain, seni, dan teknologi menjadikan Adamo sebagai salah satu laptop berkelas dan salah satu kompetitor terdekat bagi MacBook Air. Sayangnya ukuran yang ringan dan tipis harus dibayar secara mahal karena Adamo lebih mementingkan style daripada perfroma, ini terjadi pada banyak laptop berdesain tipis yang lebih mementingkan desain dibandingkan dengan performa yang terdapat didalamnya.
Desain

Dell menggunakan bahan alumunium untuk membuat Adamo, anda tidak perlu menyentuhnya terlebih dahulu karena sebelum anda menyentuhnya anda sudah tahu bahwa Adamo menggunakan bahan alumunium berkelas yang dapat menekan bobotnya. Pada bagian luar Adamo terdapat tiga bahan berbeda yang digunakan seperti alumunium, sejenis plastik (yang terdapat logo Dell), dan bahan metal mengkilap berwarna hitam. Selain terdapat pada bagian luar, bahan ini juga digunakan pada bagian dalam Adamo.



Jika dibandingkan dengan desain MacBook Air, desain Adamo terlihat jauh lebih macho dan cocok untuk anda yang memang ingin tampil beda dihadapan wanita. Pada bagian sudut-sudut laptop terlihat melingkar dan terbuat dari bahan metal.



Adamo menggunakan layar berukuran 13.4-inchi beresolusi maksimal 1366 x 768 pixel. Layar Adamo cukup sulit ketika akan dibuka, kami seperti takut patah ketika kami membuka layar Adamo. Layar yang sulit dibuka menandakan bahwa engsel yang terdapat pada Adamo sangat kokoh dan tidak mudah rusak. kami buka. Layar Adamo terlihat jernih dan terang dan secara keseluruhan terlihat lebih baik dari layar MacBook Air.




Pada bagian bawah keyboard terdapat trackpad berukuran kecil namun sudah mendukung gerakan multitouch pada beberapa aplikasi seperti zoom-in pada galeri. Trackpad terbuat dari bahan metal dan mudah untuk digunakan saat kami ujicoba.



Keyboard Adamo dilengkapi dengan lampu latar yang bertujuan untuk memudahkan penggunaan dimalam hari. Lampu latar keyboard terlihat terang dan terlihat sempurna untuk menerangi keyboard, karena semua bagian terkena sinarnya. Pada beberapa kasus laptop tidak semua bagian terkena sinar lampu latar dengan sempurna.




Adamo memiliki ketebalan 0.66 inchi dan berat 4 pon, berat dan ukuran Adamo bukanlah yang teringan dan tertipis untuk sebuah laptop. Namun tetap dapat digolongkan pada kelas laptop dengan ukuran tipis.

Hardisk
Untuk kapasitas penyimpanan, tersedia hardisk bertipe SSD sebesar 128GB. Ini dapat disesuaikan dengan keinginanan anda saat anda membeli Adamo. Penggunaan hardisk bertipe SSD membuat kinerja Adamo terdengar sunyi karena hardisk bertipe SSD tidak mengeluarkan suara yang berisik ketika digunakan. Pada bagian belakang terdapat kipas untuk mengeluarkan hawa panas yang juga tidak mengeluarkan suara terlalu mengganggu ketika digunakan.




Untuk masalah port, Adamo sudah dilengkapi dengan port yang cukup lengkap seperti dua buah port USB, jack Ethernet, DisplayPort, dan port eSATA/USB. Sayangnya tidak terdapat optical drive untuk membaca DVD pada Adamo.
Performance

Dell Adamo yang dibanderol dengan harga yang cukup mahal sudah dilengkapi dengan prosesor 1.4GHz Intel Core 2 Duo (3MB L2 cache), RAM sebesar 4GB (800MHz), hardisk bertipe SSD sebesar 128GB, dan 3G yang terintegrasi. Terdapat versi murah dari Adamo, namun spesifikasinya juga berbeda, versi murah Adamo hanya dilengkapi dengan prosesor 1.2GHz, RAM sebesar 2GB, dan hardisk SSD sebesar 128GB.

Dilihat dari spesifikasi, performa MacBook Air memang lebih unggul, namun untuk membuktikan kebenarannya kami harus melakukan ujicoba.



Untuk kartu grafik, Adamo hanya dilengkapi dengan kati grafik sekelas Intel GMA X4500HD GPU. Kartu grafik yang digunakan oleh Adamo jauh dibawah kartu grafik yang digunakan oleh MacBook Air yang menggunakan kartu grafik sekelas Nvidia GeForce 9400M.




Dibawah ini adalah gambar ujicoba kedua kartu grafik yang dimiliki oleh Adamo dan MacBook Air.




Kami sebenarnya cukup menyayangkan penggunaan kartu grafik Intel GMA X4500HD GPU pada Adamo, harusnya Adamo dilengkapi dengan kartu grafik Nvidia agar performa Adamo menjadi lebih baik dari performa MacBook Air. Kartu grafik yang digunakan oleh Adamo memang dapat digunakan untuk bermain game, namun grafiknya tidak sebaik kartu grafik yang digunakan pada MacBook Air saat kami melakukan ujicoba keduanya untuk menjalankan game yang sama.

Jika anda hanya membutuhkan laptop yang hanya digunakan untuk keperluan kantor seperti mengirim email, mengerjakan dokumen office, browsing, performa Adamo memang sudah lebih dari cukup, namun tidak terlalu baik jika anda menggunakannya untuk bermain game.

Daya Tahan Batery


Dell mengklaim bahwa battery Adamo dapat bertahan hingga 5 jam lebih, saat kami ujicoba battery dengan cara mengatur layar dengan menggunakan power saving (performa terendah), tingkat kecerahan layar standar, Wi-Fi dalam keadaan aktif dan memainkan video berfomat WMV beresolusi HD battery hanya dapat bertahan hingga 2 jam 40 menit saja, battery hanya dapat bertahan hingga setengah tenaga dari yang diklaim oleh Dell.

Kelebihan :
-Desain yang stylish dan unik
-Ukuran yang ringan
-Ketersediaan port yang cukup banyak

Kelemahan :
-Kartu grafik yang kurang mendukung untuk bermain game
-Daya tahan battery yang kurang baik

Tidak ada komentar:
Write komentar