e

Sabtu, 26 Desember 2009

Dell Inspiron 15

 

Dell Inspiron 15
"Review Dell Inspiron 15"
Written on 12 Jul 2009 by Febryanto
Source: Laptop Mag


Perkenalan
Dell baru saja mengeluarkan notebook tebarunya yang dilengkapi dengan layar sebesar 15 inchi. Dell Inspiron 15 dikeluarkan untuk pasaran kelas menengah yang mana sedang membutuhkan notebook dengan harga yang terjangkau namun performanya cukup baik.
Desain

Jangan membayangkan bahwa desain Inspiron 15 mirip dengan desain notebook kelas atas karena Inspiron 15 terbuat dari bahan plastik secara keseluruhan dan bukanlah bahan metal yang biasa terdapat pada notebook kelas atas. Selain itu juga tidak terdapat tombol multimedia yang biasa terdapat diatas keyboard dan lampu status LED pada Inspiron 15. Bagian luar dan bagian dalam Inspiron 15 terbuat dari bahan plastik yang terlihat mengkilap yang mudah kotor karena sidik jari. Inspiron 15 dikeluarkan dalam beberapa pilihan warna dan yang kami miliki berwarna hitam

Bagian dalam Inspiron 15 juga berwarna hitam dan terlihat mengkilap. Bahan yang digunakan untuk membuat keyboard dan touchpad terasa kokoh saat kami menggunakannya. Dibawah layar terdapat dua buah speaker yang berbentuk seperti garis yang mana tidak terlihat jika anda tidak memperhatikannya secara detil.
Hadir dengan dimensi 14.7 x 9.6 x 1.5 inchi dengan berat 5.8 pon, Inspiron 15 tidaklah ringan untuk sebuah notebook. Inspiron 15 lebih cocok dijadikan sebagai notebook untuk menyelesaikan pekerjaan kantoran anda dirumah.
Keyboard dan Touchpad

Keyboard Inspiron 15 berukuran besar dan mudah untuk digunakan tanpa perlu menekannya dalam-dalam. Saat kami melakukan ujicoba mengetik menggunakan 10 jari, kami dapat mengetikan 81 kata dalam waktu satu menit. Keyboard Inspiron 15 cukup nyaman saat kami digunakan dalam waktu yang lama.

Dibawah keyoard terdapat touchpad berukuran 1.8 x 3.0 inchi yang dilengkapi dengan kedua buah tombol dibawahnya. Touchpad terasa cukup sensitif saat kami gunakan sama baiknya dengan kedua tombol dibawah touchpad yang tidak mengeluarkan suara saat kami tekan.
Ports dan Webcam

Inspiron 15 dilengkapi dengan total tiga buah port USB 3.0, VGA, Ethernet, lubang headphone dan mikrofone, slot ExpressCard/34, dan card reader 7-in-1. Lubang headphone dan mikrofone serta card reader terdapat pada bagian depan Inspiron 15.



Sayangnya, Inspiron 15 tidak dilengkapi dengan port HDMI yang mana biasanya sudah terdapat pada notebook dengan layar 15 inchi seperti Inspiron 15. Untuk menambahkan port HDMI pada Inspiron 15, anda harus memesannya secara khusus dan anda harus menambahkan biaya sebesar 25$.
Layar dan Audio

Inspiron 15 dilengkapi dengan layar sebesar 15 inchi dengan aspek rasio layar 16:9 yang mana cocok digunakan untuk menonton DVD karena tidak terdapat garis hitam dibawah dan diatas layar. Layar Inspiron 15 terlihat terang dan sangat baik digunakan, untuk mengganti lampu latar berteknologi LED yang mana dapat menerangi layar dengan sangat terang anda harus mengeluarkan biaya upgrade sebesar $25.

Inspiron 15 menggunakan layar beresolusi 1366 x 768 pixel yang mana juga banyak digunakan notebook berlayar 15 inchi lainnya. Saat kami melihat layar pada sudut-sudut tertentu layar terlihat tidak begitu baik. Layar terlihat memantulkan cahaya yang mengganggu ketika kami tidak melihat layar pada arah depan.

Saat kami memainkan DVD dengan judul Heroes pada optik pembaca DVD yang terdapat pada Inspiron 15 dan kemudian kami mempecepat DVD, optik pembaca DVD membutuhkan waktu beberapa detik baru kemudian dapat memainkannya kembali.

Dibawah layar terdapat speaker yang berbentuk garis yang mana tidak dapat mengeluarkan suara yang besar ketika kami mengaturnya pada tingkat volume maksimal.


Performa

Inspiron 15 dilengkapi dengan Prosesor Intel Core 2 Duo dengan konfigurasi 2.0-GHz Intel Pentium Dual Core T4200 CPU dan RAM sebesar 3GB yang dapat mengaktifkan Windows Vista dalam waktu 47 detik.

Pada ujicoba PCMark Vantage Inspiron 15 mendapatkan nilai sebesar 2,627 poin yang mana 768 poin dibawah nilai rata-rata notebook sekelasnya. Inspiron 15 menggunakan hardisk sebesar 250GB dengan kecepatan 5,400 rpm, saat kami mencoba memindahkan data sebesar 4.97GB dari berbagai file dan folder, Inspiron 15 dapat melakukannya dengan kecepatan rata-rata 18.8 MBps.




Untuk melakukan konvert video berdurasi 5 menit 5 detik dengan format MPEG-4 menjadi format AVI, Inspiron 15 membutuhkan waktu 29 menit 10 detik yang mana tergolong lama untuk sebuah notebook. Saat kami melakukan ZIP folder berukuran 4.97GB, Inspiron 15 dapat melakukannya dalam waktu 10 menit.


Saat kami mencoba multitasking dengan membuka program seperti Internet Explorer dengan banyak tab dan melakukan streaming video dari Hulu.com serta membuka program lainnya seperti Dell DataSafe, Control Panel, dan download Skype, Inspiron 15 dapat melakukannya dengan baik walaupun kami.
Kartu Grafik
Inspiron 15 menggunakan kartu grafik Intel GMA X4500HD yang mendapatkan nilai sebesar 767 poin pada ujicoba 3DMark06, yang mana 2,500 poin dibawah notebook rata-rata sekelasnya. Saat kami memainkan game dengan grafik berat seperti Far Cry 2 dengan resolusi layar 1024 x 768 pixel, layar hanya dapat menampilkan frame dengan kecepatan 5 fps. Pada resolusi layar 1366 x 768 pixel layar hanya dapat menampilkan grafik dengan kecepatan 3fps.

Anda bisa saja menggunakan Inspiron 15 untuk bermain game hanya saja layar terlihat kurang baik saat kami memainkan game.
Daya Tahan Battery dan Wi-Fi

Inspiron 15 dilengkapi dengan battery enam sel yang dapat bertahan hingga 3 jam 12 meni pada ujicoba LAPTOP Battery Test (browsing via Wi-Fi).




Untuk urusan Wi-Fi, Inspiron 15 sudah dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11g yang dapat mengantarkan data dengan kecepatan 19.0 Mbps dan 17.7 Mbps pada jarak 15 kaki dan 50 kaki dari router kami. Sayangnga Inspiron 15 tidak dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth.

Dell Dock

Sama seperti laptop keluaran Dell lainnya, Inspiron 15 juga dilengkapi dengan Dell Dock. Fungsi Dell Dock sama dengan fungsi Apple Dock yang mana terdapat ikon pada bagian atas layar Inspiron 15. Ikon dapat digunakan sebagai akses pintas menuju menu favorit anda. Ikon ini dapat diganti sesuai dengan keinginan anda.
Dell DataSafe

Dell teleh melengkap Inspiron 15 dengan Dell DataSafe Local Backup, yang berguna untuk melakukan backup terhadap data anda sampai dengan sebesar 2GB menggunakan Dell DataSafe Online. Jika anda berlangganan, anda bisa mendapatkan kapasitas backup yang lebih besar lagi (10GB/$29 per tahun dan 100GB/$59 per tahun).
Software dan Garansi

Dell melengkapi Inspiron 15 dengan Dell Dock dan Dell DataSafe. Tidak hanya itu, Dell juga sudah menyertakan software seperti McAfee Security Center (Free trial selama 30 hari), Microsoft Office Home and Student 2007 (Free trial selama 60 hari), PowerPoint 2007 viewer, PowerDVD DX, Roxio Creator DE, Windows Live Essentials, dan Yahoo Toolbar. Inspiron 15 telah dilengkapi dengn garansi selama 1 tahun penuh.


Opsi Upgrade

Dell Inspiron 15 dijual mulai dari $349, untuk melakukan kustomisasi anda dapat memesannya di www.dell.com. Unit Inspiron 15 yang kami ujicoba menggunakan Prosesor Pentium Dual-Core, anda juga dapat menggunakan Prosesor Intel Celeron atau Intel Core 2 Duo (dengan menambahkan uang sebesar $200).

Untuk melakukan upgrade OS Windows Vista Basic menjadi OS Windows Vista Home Premium anda harus mengeluarkan uang sebesar $30. Untuk melakukan upgrade RAM menjadi sebesar 3 GB dan 4 GB dari konfigurasi standar 2GB, anda harus mengeluarkan uang sebesar $50 dan $75.

Untuk melakukan upgrade hardisk dari 60GB menjadi 500GB anda harus mengeluarkan uang sebesar $125. Untuk mengganti kartu grafik menjadi ATI Mobility Radeon HD 4330, anda harus mengeluarkan uang sebesarr $100. Untuk mengganti optik pembaca DVD menjadi Blu-ray anda harus menambahkan uang sebesar $150. Untuk mengganti battery empat sel menjadi battery enam sel dan sembila sel anda harus mengeluarkan uang sebesar $30 dan $75. Untuk menambahkan konektivitas Bluetooth anda harus menambahkan uang sebesar $20. Untuk menambahkan kamera webcam 1.3-megapixel anda harus menambahkan uang sebesar $25.
Kata Penutup

Dengan harga jual mulai dari $349, Dell Inspiron 15 adalah notebook dengan harga yang sangat terjangkau. Saran kami anda bisa membeli Dell Inspiron 15 versi harga $499 seperti milik kami karena sudah cukup baik untuk membantu menyelesaikan pekerjaan sehari-hari anda.

Tidak ada komentar:
Write komentar